• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
  • 0370 655081
Nest  

Bupati Menjadi Inspektur Hari Santri Nasional

Lombok Tengah - Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri,S.IP menjadi Inspektur upacara pada Apel Hari Santri Nasional tahun 2022 di Benchingah Adiguna Praya, Sabtu, 22/10/22




Bupati membacakan pidato Mentri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, Presiden joko widodo melalui keputusan presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 oktober sebagai hari santri. Penetapan 22 oktober merujuk pada tercetusnya "resolusi jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia. resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan.


sejak ditetapkan pada tahun 2015, pada setiap tahunnya kita selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda. untuk tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema “berdaya menjaga martabat kemanusiaan”.


Maksud tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan indonesia. ketika indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.


Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. karena itu, saya mengajak semua masyarakat indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan hari santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk indonesia.#Jp