• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Telur: Kunci Kelezatan Balita, Solusi Untuk Mengatasi Stunting

Lombok Tengah - Stunting masih menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Tim Penggerak PKK Kabupaten yang dipimpin langsung oleh istri Bupati Lombok Tengah, Hj Baiq Nurul Aini Pathul Bahri, terlibat langsung dalam gerakan penurunan angka stunting dengan melakukan kegiatan demo mengolah telur menjadi makanan Balita di Desa Bonder Kecamatan Praya Barat, Jumat (15/09/2023). 




Dalam sambutannya, Baiq Nurul Aini menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah hasil dari rapat tim pelaksana program stunting (TPPS) bersama Wakil Bupati bulan lalu di Ballroom Kantor Bupati. Pada rapat tersebut, terungkap bahwa beberapa kader Posyandu tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang jumlah kasus stunting di wilayah mereka.


Baiq Nurul Aini juga menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam upaya ini. Telur yang dibagikan kepada masyarakat selama tiga bulan akan dievaluasi untuk melihat apakah jumlah kasus stunting dapat berkurang. Selain itu masyarakat diminta agar telur yang dibagikan benar-benar dikonsumsi oleh Balita, dan bukan untuk digunakan oleh orang dewasa atau ditukar dengan makanan lainnya. 




Lebih jauh Baiq Nurul Aini yang didampingi istri Wakil Bupati Lombok Tengah, Hj. Winarsih, menyoroti pentingnya asupan protein dalam pertumbuhan Balita. Dia menyatakan bahwa protein hewani dan nabati yang cukup sangat diperlukan untuk mengatasi stunting. Oleh karena itu, melalui pengolahan telur yang kreatif, diharapkan ibu-ibu dapat memberikan asupan protein yang lebih baik untuk anak-anak mereka.




Pesan terakhir yang disampaikan oleh Baiq Nurul Aini adalah tentang pentingnya pengawasan kehamilan selama sembilan bulan penuh. Pengawasan ini harus dikawal oleh kader Posyandu untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi yang akan lahir.#pikp