• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Rayakan Hari Anak Nasional ke-40, Wakil Bupati Lombok Tengah Kunjungi LPKA Tojong Ojong

Wakil Bupati Lombok Tengah, DR. H. M. Nursiah, S.Sos., M.Si., mengunjungi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Tojong Ojong, Desa Selebung, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024 yang ke-40, Selasa (23/07/2024). 


Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati menyerahkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM terkait pengurangan masa pidana kepada 51 penghuni LPKA, dimana 3 di antaranya mendapat remisi bebas langsung.




Turut hadir dalam acara tersebut, PLt Kepala LPKA Lombok Tengah Amam Saipulhaq, Bc.IP, SH, Kepala Bidang PPA DP3AP2KB H. Muslim Tasim, S.Kep. Ners., Kepala UPTD PPA BQ. Indria Purnawati, ST, serta anak-anak dari Forum Anak Lombok Tengah.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Nursiah menyatakan bahwa Hari Anak Nasional selalu menjadi perhatian pemerintah daerah. Ia menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk tumbuh dan berkembang baik secara intelektual maupun emosional. “Setiap anak harus mendapatkan kesempatan sebanyak-banyaknya untuk tumbuh dan berkembang, baik secara intelektual maupun emosional, agar kelak menjadi pribadi yang matang dan berkarakter,” ujar Wabup H. M. Nursiah.


Namun, ia juga mengakui bahwa tidak semua anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, mengingat adanya berbagai tantangan yang dihadapi anak, keluarga, atau lingkungan yang dapat mempengaruhi perilaku anak, termasuk perilaku kenakalan dan tindak pidana.


Wakil Bupati juga mengapresiasi kehadiran anak-anak dari Forum Anak Lombok Tengah yang difasilitasi oleh DP3AP2KB, yang dapat menjadi jembatan bagi anak-anak di Lombok Tengah untuk berkegiatan positif dan saling berbagi pengetahuan. "Hal ini bisa menjadi jembatan bagi anak-anak di Lombok Tengah untuk berkegiatan yang positif dan saling berbagi pengetahuan, serta dalam pergaulan bisa saling mengingatkan," jelas H. M. Nursiah.


Sebelum acara dimulai, Forum Anak Lombok Tengah bersama DP3AP2KB telah lebih dahulu datang dan berbaur dengan anak-anak penghuni LPKA untuk mengadakan berbagai lomba dan permainan ketangkasan yang menghibur.


Sementara itu, PLt Kepala LPKA Lombok Tengah Amam Saipulhaq, yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, menyatakan bahwa pada tahun ini, Hari Anak Nasional memasuki peringatan ke-40 dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju." Amam Saipulhaq juga menegaskan bahwa selama menjalani masa pidana di LPKA, semua anak binaan berhak atas hak dasar dan hak bersyarat yang diatur dalam undang-undang, termasuk hak untuk beribadah, kesehatan, pendidikan, dan pengurangan masa pidana.