• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

PPI Ambil Bagian Turunkan Stunting di Lombok Tengah

Organisasi Pita Putih Indonesia (PPI) Lombok Tengah yang diketuai Hj. Winarsih Nursiah, S.Pd., secara aktif turut serta menggalakkan program untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Lombok Tengah. Istri Wabup lombok Tengah tersebut mengatakan bahwa PPI akan membangun kolaborasi lintas sektor dalam menjalankan program untuk menekan stunting di Lombok Tengah.

“Strategi PPI Lombok Tengah di antaranya dengan membina kemitraan dengan lintas kementerian, swasta, lembaga masyarakat dan tokoh masyarakat. Kita juga aktif melakukan edukasi dan pemberdayaan masyarakat mengenai kesehatan dan hak-haknya melalui pembentukan Kader PPI” katanya, saat menyampaikan paparan materi dalam rapat koordinasi penanganan stunting di aula PKK Lombok Tengah, Rabu (26/10/22).

PPI sendiri merupakan anak organisasi Pita Putih Internasional, yang mendukung kesehatan ibu dengan berkampanye agar lebih banyak sumber daya dan kebijakan yang tepat untuk mencegah kematian ibu dan bayi baru lahir. 

Organisasi ini memiliki semangat dan komitmen tinggi dalam mendorong dan menggerakkan masyarakat untuk peduli dan memahami tentang kondisi di masa ibu hamil, melahirkan, nifas dan bayi baru lahir, di mana kehamilan dan persalinan harus aman dan sehat seutuhnya. “Semua kehamilan diinginkan, semua kelahiran selamat, semua bayi dan anak sehat“ kata Hj. Winarsih Nursiah.

Lebih lanjut Hj. Winarsih Nursiah menyampaikan visi PPI adalah membangun kesadaran bahwa semua perempuan dan anak perempuan menyadari hak mereka atas kesehatan yang berkualitas. Sedangkan misi yang diusung yakni mengaktifkan pergerakan masyarakat untuk kesehatan dan hak-hak reproduksi, ibu dan bayi baru lahir. “Maka sangat relevan program terkait penurunan angka stunting menjadi salah satu konsen kami untuk merealisasikan visi misi organisasi“ terangnya.

Hadir dalam Rakor tersebut Bupati Lombok Tengah yang diwakili Kepala Bagian Kesra Setda. Lombok Tengah, L. Hilim, pejabat dari Polres Loteng, Kodim 1620 Loteng, sejumlah kepala dinas dan perwakilan kader Posyandu.

Lalu Hilim menyampaikan harapan keterlibatan PPI bisa membantu menurunkan stunting di Lombok Tengah. “Kami akan dukung sepenuhnya program PPI untuk mengatasi stunting di wilayah kita“ katanya saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.