• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Peringatan Hari Bersih Sedunia di Kabupaten Lombok Tengah: Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan

Dalam rangka memperingati Hari Bersih Sedunia atau World Clean Up Day yang jatuh pada tanggal 16 September tahun ini, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah bersama para penggiat lingkungan, relawan, dan sukarelawan telah aktif berpartisipasi dalam upaya membersihkan lingkungan di tiga titik berbeda di wilayah kabupaten ini.





Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang telah rutin dilaksanakan pada tanggal 16 September oleh pemerintah kabupaten bersama berbagai unsur masyarakat di Lombok Tengah. Tiga titik yang dipilih untuk kegiatan pembersihan tahun ini adalah Bongak Desa Tumpak Kecamatan Pujut, Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara, dan sungai Leneng yang menjadi pusat perhatian di wilayah Praya.




Rangkaian kegiatan dimulai sejak tanggal 15 September di sungai Leneng dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk para penggiat lingkungan, pegawai Pemerintah Daerah dan Kelurahan, Praja IPDN Kampus NTB, serta siswa MIN 1 Lombok Tengah bersama masyarakat sekitar.


Maya Yuliana, Ketua Panitia kegiatan ini, menjelaskan bahwa inisiatif ini telah berlangsung sejak tahun 2021 di Kabupaten Lombok Tengah. "Kegiatan hari ini melibatkan sekitar 150 orang dari berbagai unsur, termasuk para Penggiat Lingkungan, IPDN, MIN 1 Lombok Tengah, dan Bidang Pengairan Dinas PUPR Lombok Tengah bersama masyarakat," ungkapnya.


Maya juga menyoroti pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. "Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang silaturahim para relawan, tetapi juga merupakan sarana untuk memberikan semangat dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kita," tambahnya.


Semangat kepedulian terhadap lingkungan dan kebersihan ini diharapkan akan terus tumbuh dan menjadi inspirasi bagi masyarakat Kabupaten Lombok Tengah untuk menjaga keindahan alam dan lingkungan hidup mereka. (Amjar/Opik/PIKP)