• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

PELENGAK GUBUK: Bantuan Sembako Melawan Stunting dan Membentuk Keluarga Hebat di Desa Montong Gamang

Posyandu Siaga Embung Karung 3 Desa Montong Gamang, Kecamatan Kopang, menjadi saksi dari kegiatan berharga yang dilakukan pada hari Selasa, 23 Mei 2023. Kegiatan yang diberi nama "PELENGAK GUBUK" ini merupakan inisiatif dari berbagai instansi dan pejabat yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama dalam rangka memerangi stunting. Dengan tema "Mari Melawan Stunting melalui Cinta Terencana Untuk Membentuk Keluarga Hebat," kegiatan ini bertujuan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

 

Dalam kegiatan ini, hadir sejumlah pejabat terkemuka, antara lain Ketua TKPKD Lombok Tengah, Dr.H.M.Nursiah,S.Sos,M.Si, Kabid Kesehatan Hafsah Widyanti,SKM,M.Kes, Camat Kopang, Lalu Halik, Kepala Puskesmas Kopang, dan Kepala Desa Montong Gamang Kabupaten Lombok Tengah. Dalam kerjasama yang erat, mereka turut menyumbangkan waktu dan tenaga untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai peserta, terdiri dari masyarakat penerima bantuan yang terindikasi mengalami stunting, anak difabel, anak yatim, lansia, serta anak penerima beasiswa retrieval.. Total peserta yang hadir mencapai angka yang signifikan, yaitu 38 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat 3 anak terindikasi stunting, 5 anak difabel, 7 anak yatim, 8 lansia, dan 15 anak penerima beasiswa retrieval.

Dr.H.M.Nursiah,S.Sos,M.Si, mengungkapkan harapannya terhadap kegiatan ini. "Bantuan ini diharapkan dapat membantu kebutuhan pokok masyarakat dan bisa mencegah stunting pada masyarakat”. Pernyataan tersebut mencerminkan komitmen dan tujuan utama dari kegiatan "PELENGAK GUBUK," yaitu memberikan bantuan sembako kepada mereka yang membutuhkan, terutama anak terindikasi stunting, anak yatim, dan lansia.

 

Pemberian bantuan sembako ini merupakan langkah nyata dalam melawan stunting dan menjaga kesehatan masyarakat secara umum. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan mencegah terjadinya stunting pada anak-anak yang terindikasi.

Kegiatan "PELENGAK GUBUK" ini tidak hanya memberikan bantuan sembako, tetapi juga memberikan semangat dan harapan baru bagi masyarakat untuk memperbaiki kondisi kesejahteraan mereka. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk memperkuat solidaritas sosial dan menumbuhkan rasa saling peduli di antara masyarakat.

Proses pemberian bantuan sembako dilakukan dengan penuh keceriaan dan kehangatan. Setiap peserta menerima paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula, tepung, dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Senyum bahagia terpancar di wajah peserta ketika mereka menerima bantuan ini, menggambarkan rasa syukur dan harapan baru dalam hidup mereka.