• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Mandalika Fashion Carnival Festival Pesona Bau Nyale 2020

Lombok Tengah.

Berbagai agenda dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung dan mensuksekan Festival Pesona Bau Nyale yang merupakan tradisi masyarakat sasak Kabupaten Lombok Tengah yang dipusatkan di Pantai Aan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, Desa Kuta Kecamatan Pujut, tanggal 14-15 Februari 2020. Salah satunya kegiatan Mandalika Fashion Carnival yang dilaksanakan di Kota Praya dan diikuti oleh peserta dari 12 Kecamatan di Lombok Tengah, Kamis (13/2) pukul 15.00 wita.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri dan dihadiri oleh Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE.M.Sc, Kepala Forkopimda, Kepala SKPM dan Tokoh Budaya serta masyarakat.

“Festival Pesona Bau Nyale ini adalah salah satu Festival di Lombok Tengah, di NTB dan Indonesia yang menjadi kebanggaan masyarakat,” ujar Hj Niken Saptarini dalam sambutannya.

Oleh sebab itu, dirinya sangat menyambut baik kegiatan ini dalam rangka mengoptimalisasi budaya lokal dan kegiatan ini sangat menarik. Sehingga akan berkontribusi bagi masyarakat Lombok Tengah khususnya dan NTB pada umumnya.

“Mari kita sama-sama mendukung dan mensuksekan kegiatan Festival Pesona Bau Nyale ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri mengatakan, Bau Nyale ini sebelum dirinya masuk Sekolah Dasar, sudah ada Nyale. Ini adalah warisan budaya nenek moyang masyarakat sasak Lombok Tengah khususnya yang harus dilestarikan. Sehingga event Bau Nyale ini terus ditingkatkan setiap tahunnya.

“Sinergitas Pemerintah Pusat, Pemerintah NTB dan Pemerintah Daerah Lombok Tengah terua terjalain untuk mendukung Festival Pesona Bau Nyale ini,” ujarnya.

Ditegaskan, dengan adanya sinergitas yang baik ini diharapkan akan mendapatkan manfaat yang terbaik bagi masyarakat. Sehingga kedepan, pihaknya terus berupaya bagaimana meningkatkan budaya ini, sehingga wisatawan banyak yang datang.“Tahun 2021 Marqes, Valentino Rosi akan datang di Sirkuit Mandalika Lombok,” pungkasnya.

Kabag Humas dan Protokol Setda Lombok Tengah, H Lalu Herdan mengatakan, bahwa rute yang ditempuh dalam Mandalika Fashion Varnival Pesona Bau Nyale itu mulai star dari depan Hotel Aerotel Praya menuju jalan protokol melewati panggung kehormatan depan Kantor Bupati Lombok Tengah belok kanan dan finis di Alun2 Tastura Praya.“Mandalika Fashion Carnival ini diikuti oleh para pelajar dari 12 Kecamatan di Lombok Tengah,” pungkasnya. (Ade KickNews)