Polda NTB dan Pemda Loteng Gelar Penanaman Pohon di Prabu

6 Januari 2020 administrator 347 kali dibacaa

LOMBOK TENGAH, MP

Jajaran Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menggelar apel penanaman pohon di eks kawasan tambang emas illegal Desa Prabu Kecamatan Pujut Kabupaten Loteng, Kamis (02/ 31). Kegiatan tersebut dihadiri Irjen pol. Nana Sudjana, Wakil Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri, Gabungan TNI dan Sat Pol PP, beberapa Kepala Desa dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Kapolda NTB mengatakan, penanaman pohon di kawasan eks tambang emas ilegal di Desa Prabu sangat penting dilakukan. Mengingat, konservasi tanah dan air tidak bisa ditunda lagi.Terlebih dengan ancaman lingkungan global yang semakin parah. Karenanya, penghijauan sangat panting dilakukan. "Penanaman yang kita lakukan bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. Sebab, pohon yang kita tanam bisa melindungi dan menjaga ketersediaan air," tuturnya.

Menurutnya, lahan eks tambang yang tadinya kering dan tandus akan menjadi subur dan terjaga keseimbangannya. Kedepan, penghijauan juga diharapkan bisa terus digalakkan masyarakat, paling tidak dimulai dari lingkungan sekitar. Misalnya, dengan menanam pohon di halaman rumah yang menurutnya sangat efektif mengurangi kerusakan alam. "lni mempakan langkah kita bersama untuk saling mengingatkan akan pentingnya melestarikan lingkungan. Semoga dengan penanaman ribuan pohon yang kita lakukan hari ini menjadi pilot project agar semua pihak melakukan hal yang sama. Karena, menjaga kelestarian hutan dan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama,“ ungkapnya.

Dipaparkan, kebakaran hutan dan illegal loging marak terjadi. Demi mereboisasi semua itu perlu dilakukan penanaman pohon. Hal itu agar kelestarian hutan dan lingkungan tetap terjaga. "Hari ini kita menyiapkan 2 ribu bibit pohon. Pohon yang kita tanam mempakan pohon yang berbuah, seperti nangka, mangga, durian, kelengkeng, dan pohon lainnya. Dengan begitu, masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Kalau sudah mereka merasakan manfaatnya, otomatis mereka juga akan menjaganya," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati, HLPathul Bahri mengapresiasi kegiatan tersebut. Apa yang dilakukan tersebut, tentu akan dilakukan ditindaklanjuti, salah satunya dengan melakukan kegiatan serupa. Karena bagaimanapun juga, kegiatan ini merupakan hal panting yang perlu mendapat dukungan penuh dari semua. "Hal seperti ini memang harus dilakukan disetiap lingkungan. Kita harus menjaga dan merawat lingkungan. Salah satunya caranya adalah penanaman pohoh. Kami berharap, setelah penanaman ini semua pihak ikut serta menjaganya," pintanya.

Setelah apel acara dilanjutkan dengan penanaman dua ribu pohon sumbangan Provinsi NTB dan Pemkab Lombok Tengah. Ices