• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Wakil Bupati Lombok Tengah Bersama Bank Indonesia Kick Off Tanam Perdana Padi Varietas Gamagora untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Pada hari Kamis, tanggal 17 Mei 2024, Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H M Nursiah S.Sos., M.Si, bersama dengan perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), melakukan kegiatan tanam perdana padi baru varietas Gamagora 7. Acara ini dilaksanakan di Dusun Batu Belek, Desa Penggembur, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.


Dalam pernyataannya, perwakilan Bank Indonesia, Berry Arifsyah, menegaskan komitmen pihaknya untuk mendukung petani di Lombok Tengah dalam mencapai surplus produksi gabah. "Kami berupaya membantu petani Loteng agar mampu mencapai surplus gabah melalui program ini," ujar Arifsyah.


Varietas Gamagora yang dipilih untuk tanam perdana ini dipercaya memiliki keunggulan yang signifikan. Salah satunya adalah kemampuannya untuk tumbuh baik di lahan produktif air maupun lahan tadah hujan. Hal ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi petani di wilayah tersebut yang memiliki variasi kondisi lahan.


Wakil Bupati Nursiah turut menyampaikan harapannya atas keberhasilan program ini. "Insyaallah, dengan varietas Gamagora ini, kami berharap dapat mempertahankan surplus produksi padi. Kami berharap kesejahteraan masyarakat Loteng lebih meningkat melalui peningkatan produktivitas pertanian," ungkap Nursiah.


Nursiah juga menyebut lahan pertanian di Loteng luasnya sekitar 5000 hektare.


Acara tanam perdana ini menjadi momentum penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani di Lombok Tengah. Dengan adanya kerjasama antara pemerintah daerah, Bank Indonesia, dan petani, diharapkan dapat terwujudnya peningkatan produksi padi yang berkelanjutan serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat petani.