• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Lombok Tengah Siap Jadi No 1 dalam Keterbukaan Informasi Publik di Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota

Lombok Tengah, 21 Mei 2024 - Kabupaten Lombok Tengah memperkuat komitmennya untuk menjadi yang terdepan dalam keterbukaan informasi publik. Hal ini ditandai dengan diselenggarakannya kegiatan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik pada hari Selasa, tanggal 21 Mei 2024, di Ruang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Lombok Tengah.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh  Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB, Sansuri,S.Pt.,M.M, Wakil Ketua Drs H. M Zaini Kordib kelembagaan Asraruddin,S.A.P.,M.M.Inov, serta Sekretaris Diskominfo Lombok Tengah, Sunarno,S.Sos.,MM, beserta perwakilan Admin Desa dari Desa Gemilang Informasi Publik 2024.




Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik, dengan mempertimbangkan nilai evaluasi tahun sebelumnya. Selain itu, dilakukan juga pemaparan pengisian e-monev keterbukaan informasi publik bagi desa yang akan mengikuti program Desa Gemilang Informasi Publik.


Sekretaris Diskominfo Lombok Tengah, Sunarno,S.Sos.,MM, menyampaikan optimisme bahwa kabupaten ini memiliki potensi besar untuk kembali menjadi yang terdepan dalam keterbukaan informasi publik di Nusa Tenggara Barat. Ditahun 2021 Lombok Tengah menjadi No 1 Terinformatif kategori Pemerintah Kabupaten/Kota.


Ia juga berharap agar desa yang mewakili Lombok Tengah pada tahun ini dapat meraih prestasi seperti tahun sebelumnya, di mana Desa Kawo berhasil menjadi juara ketiga Desa Terinformatif Kawasan Indonesia Tengah.


"Paling tidak desa yang mewakili DGIP 2024 bisa mengikuti jejak Desa Kawo", ujarnya.


Sementara itu, Ketua Komisi Informasi NTB, Sansuri, menekankan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi ini merupakan kewajiban dari Lembaga Komisi Informasi NTB untuk memantau keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten/Kota/OPD/Lembaga Vertikal, Desa, dan Organisasi, sesuai dengan amanat undang-undang keterbukaan informasi publik.


Dengan komitmen yang kuat dari semua pihak terkait, Lombok Tengah siap untuk terus bergerak maju dan menjadi yang terbaik dalam keterbukaan informasi publik di tingkat  Pemerintah Kabupaten/Kota.