• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Duta Digital Siap Mewujudkan Desa Cerdas

Lombok Tengah - Kementrian Desa pertanggal 1 September telah menerbitkan SK Duta Digital yang nantinya bertugas mendamping desa dalam penerapan desa cerdas. 


Perwakilan kemendes Bapak Teguh dari Sekretariat Kemendes langsung hadir dalam pelepasan Duta Digital untuk Kabupaten Lombok Tengah sekalius mengikuti FGD Mobilisasi Duta Digital di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), sebelumnya 4 Duta Digital Lombok Tengah Lalu Alfian Zakaria, Lalu Wildan Wiranata S.Kom, Syukur S.Sos.,M.Si dan Suparman telah selesai mengikuti BIMTEK tahap 2 dalam pemahaman desa cerdas.


Desa cerdas merupakan desa yang mampu mengelola sumber daya dan aset untuk mengembangkan peluang baru baik secara tradisional maupun teknologi digital sehingga terciptanya telekomunikasi, inovasi dan penggunaan pengetahuan yang lebih baik. Tujuan dari program desa cerdas yaitu dalam rangka percepatan transformasi pembangunan desa yang bertenaga, mandiri, sejahtera, dan demokratis melalui pemanfaatan teknologi.


Dengan 6 pilar yang harus dipenuhi mulai dari Mobilitas Cerdas, Tata Kelola Cerdas, Ekomomi Cerdas, Masyarakat Cerdas, Hidup Cerdas dan Lingkungan Cerdas.Ini merupakan tugas dari para Duta Digital dan Kader Desa kedepan ujar perwakilan Kemendes dalam sambutannya.


Anggaran dari Kemendes untuk mewujudkan Desa Cerdas terdiri dari 30 juta untuk sara prasarana termasuk langganan internet selama satu tahun, dan 20 juta untuk transfortasi pelaksanaan kegiatan "tambahnya".  





20 desa certas yang terpilih di lombok tengah Desa Barabali,Aik Darek,Lantan, Aik Bukak,Jango,Bonjeruk,Semparu,Montong Gamang, Mertak Tombok,Selong Belanak, Darek,Ungga,Pringgerata,Pengadang,Pejanggik,Mujur,Bilebante,Sintung, Teruwai dan Desa Sengkol.Nanti Setiap 1 Duta Digital akan mendamping setiap 5 Desa