• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Diguyur Hujan, Safari Bupati dan Wabup Tetap Khidmat

Safari Ramadhan malam keempat Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah  berlangsung di Kecamatan Jonggat dan Kecamatan Praya Tengah. Meski diguyur hujan, safari tetap berjalan dengan penuh khidmat, Ahad (17/03/2024).


Rombongan safari yang dipimpin Bupati Lombok Tengah, H. L. Pathul Bahri, S.IP., M.AP., dilaksanakan di Kecamatan Jonggat. Sedangkan Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H.M. Nursiah, S.Sos., M.Si, memimpin rombongan di Kecamatan Praya Tengah. Kegiatan terpusat di kantor camat masing-masing. 




Momen safari tidak hanya sebagai sarana silaturahim jajaran pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, namun juga dijadikan kesempatan menyampaikan sejumlah progres dan keberhasilan pembangunan Kabupaten Lombok Tengah di bawah kepemimpinan Pathul-Nursiah.



 

Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah memaparkan bahwa pada beberapa tahun terakhir, Lombok Tengah telah mencatat peningkatan signifikan dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Data terbaru menunjukkan bahwa pada tahun 2022, IPM berada pada angka 69,57 poin, yang kemudian meningkat menjadi 70,41 poin dengan predikat tinggi pada tahun 2023. Peningkatan ini mencerminkan kemajuan yang signifikan bagi masyarakat Lombok Tengah, karena IPM merupakan indikator penting dalam mengukur keberhasilan upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 




IPM mencerminkan capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar, yakni mencakup umur panjang dan sehat; pengetahuan, dan kehidupan yang layak.