• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Bau Nyale Jatuh Tanggal 10 - 11 Februari 2023

Lombok Tengah - Tradisi Bau Nyale yang setiap tahun diadakan di Kabupaten Lombok Tengah tepatnya di Pantai Seger  telah diputuskan pelaksanaanya pada Jumat-Sabtu tanggal 10-11 Februari 2023 mendatang.


Penentuan tanggal pelaksanaan core event Bau nyale tersebut berdasarkan  Sangkep Warige atau rapat penentuan bau nyale  yang dilaksanakan oleh para tokoh adat, tokoh agama dan tokoh  budaya di Dusun Adat Sasak Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah pada Rabu, (11/1/2023).




Para tokoh tersebut berdasarkan perhitungan kalender Sasak dan melihat tanda-tanda alam di sekitar pantai selatan bumi Tatas Tuhu Trasna itu akhirnya sepakat acara Bau Nyale dilaksanakan 10-11 Februari 2023.


Acara adat Sangkep Warige penentuan waktu Bau Nyale 2023 diakhiri dengan penandatangan berita acara hasil Sangkep Warige dan penyerahan berita acara hasil keputusan sangkep warige oleh Ketua Majelis Adat Sasak Lombok Tengah, Lalu Purnama Agung kepada Pemkab Lombok Tengah yang diterima oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. HM. Nursiah, S.sos. M.Si 




Seperti diketahui, acara tangkap cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan legendaris cantik Putri Mandalika itu dilaksanakan setiap tahun di Pantai Seger Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, NTB.


Acara itu juga menjadi daya pikat para wisatawan yang ikut berbaur dengan masyarakat setempat untuk mengikuti proses menangkap nyale. Ribuan masyarakat tumpah ruah turun ke laut mencari nyale menggunakan jaring seadanya. JP