• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Apel HKBN Berlangsung di Darmaga Pelabuhan Awang

Setiap tanggal 26 April terdapat peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Untuk tahun 2024 ini jatuh pada hari Jum'at. Sejarah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Terpilihnya tanggal 26 April karena dilatarbelakangi bertepatan dengan ditetapkannya Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang Penangulangan Bencana yang jatuh pada 26 April 2014. Demikian Kata Kepala BPBD Haji Ridwan Ma'ruf  Usai Acara Pelaksanaan Apel Siaga HKBN Sekaligus Melaksanakan Simulasi Gempa Bumi dan Tsunami berlangsung di Darmaga Pelabuhan Awang Desa Awang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Jum'at (26/4/2024).




HKBN ini dicetuskan oleh Badan Nasional Penanggukangan Bencana (BNPB). Tujuannya agar bisa meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan seluruh lapisan masyarakat agar menjadi Indonesia Tangguh Bencana. Peringatan nasional ini sudah berlangsung sejak tahun 2017. Biasanya diadakan rangkaian kegiatan secara rutin seperti latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini, uji shelter dan lainnya."





Tujuan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tujuan diadakannya HKBN ini agar  masyarakat terdorong untuk melakukan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat Loteng menuju Tangguh Bencana," jelas Haji Ridwan.Ma'ruf.




Rudwan Tekankan kepada Masyarakat kabupaten Lombok Tengah, bila suatu  saat terjadi bencana Apakah itu banjir, angin puting beliung dan sebagainya jangan tunda-tunda untuk melapor pada kami tujuan agar BPBD cepat turun ke lapangan," ujarnya.


Memperingati hari Kesiapsiagaan bencana Nasional (HKBN) Kata Ridwan dengan harapan supaya masyarakat bisa berbaur, bersatu padu berkoordinasi setiap ada kejadian bencana berkoordinasi." karena setiap benencana bukan tugas pemerintah saja melainkan kita semua termasuk masyarakat kabupaten  Lombok Tengah." Terangnya.