• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

RSUD Praya Sosialisasi Layanan Bedah Saraf untuk Puskesmas se-Lombok Tengah

RSUD Praya menjadi pusat perhatian dalam dunia kesehatan Lombok Tengah dengan penyelenggaraan pertemuan sosialisasi Layanan Bedah Saraf. Acara ini berlangsung di Auditorium RSUD Praya dan dihadiri oleh perwakilan dokter dan perawat dari seluruh puskesmas se-Lombok Tengah, Kamis, 26 Oktober 2023. 




Dalam pertemuan ini, RSUD Praya memperkenalkan layanan bedah saraf yang menjadi unggulan baru di rumah sakit ini. Sejak kedatangan dr. Teuku Arie, SpBS, seorang ahli bedah saraf yang baru menyelesaikan pendidikannya, komitmen kuat telah terbentuk untuk memberikan pelayanan bedah saraf yang berkualitas bagi masyarakat Lombok Tengah. Dr. Arie sebelumnya telah menjalani internship dan pengabdian di beberapa puskesmas di daerah ini, serta di IGD RSUD Praya.


Hingga saat ini, pasien-pasien yang memerlukan pembedahan otak sering kali dirujuk ke RS rujukan di Mataram. Kasus yang paling umum termasuk cedera kepala akibat kecelakaan lalu lintas, trauma kepala lainnya, stroke perdarahan, dan tumor sistem saraf pusat di otak dan tulang belakang. Namun, dalam dua bulan terakhir, RSUD Praya telah berhasil membantu banyak pasien meskipun mereka datang dalam kondisi kritis.


Pertemuan sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan layanan bedah saraf kepada seluruh masyarakat Lombok Tengah dan memulai koordinasi rujukan prahospital dari Faskes Primer ke RSUD Praya. Dr. H. Basirun, MMRS, Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Praya, membuka acara tersebut dengan menekankan pentingnya peningkatan ilmu pengetahuan dan menjalin kerjasama antar-fasilitas kesehatan.


Layanan bedah saraf di RSUD Praya adalah salah satu dari layanan unggulan baru yang ditawarkan, selain layanan cuci darah, bedah mulut, endoskopi, dan lainnya. Manajemen RSUD Praya terus berupaya membawa layanan medis yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga pasien tidak perlu lagi dirujuk ke tempat yang lebih jauh. Ke depan, RSUD Praya juga berencana untuk menyediakan layanan bedah tulang, bedah saluran kemih, dan pengoperasian layanan operasi katarak menggunakan alat PHACO.


Dalam kesempatan ini, RSUD Praya mengharapkan dukungan, doa, dan perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Semua ini bertujuan untuk terus memperbaiki berbagai kekurangan yang ada dan menjadikan RSUD Praya sebagai pilihan utama masyarakat dalam layanan kesehatan.