STQ Siap Digelar Mulai Tanggal 6 Juli 2020

22 Juni 2020 administrator 174 kali dibacaa

LOMBOK TENGAH, MP

Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Kecamatan dikabarkan akan dialihkan ke tingkat Kabupaten. Sebelumnya, STQ direncanakan akan digelar di Kecamatan Praya Timur. Dikarenakan penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19 belum juga mereda. Sehingga pelaksanaan STQ akan dikoordinir aleh Kabupaten demi menjaga keamanan situasi selama pandemi. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), HM. Ridwan Makruf, Jumat (19/06).

HM. Ridwan menginformasikan, STQ mulai digelar pada tanggal 6 Juli sampai 10 Juli 2020. Pelaksanaan STQ akan diadakan di 4 lokasi yakni, di Bencingah Alun-alun Tastura, Masjid Agung Praya, Masjid Jamik, dan GOR Lapangan Bundar. "Kita akan bagi lokasi menjadi 4. Hal ini dilakukan demi meminimalisir waktu. Meski begitu, pelaksanaannya dipastikan tetap berjalan lancar dan kondusif,” terangnya.

Disampaikannya, peserta yang mengikuti STQ berjumlah 192 orang. Pihaknya akan memanggil 5 Kecamatan dalam sehari. Kemudian, STQ akan dilaksanakan dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Malam harinya tidak akan dilaksanakan karena dikhawatirkan penonton sulit diamankan. "Kita akan laksanakan STQ ini dari jam 8 sampai jam 5 sore. Jam 8 sampai jam 12 untuk peserta anak-anak. Kemudian pada jam 1 sampai jam 5 sore untuk pesert dewasa. Setiap Kecamatan mengirimkan perwakilannya sebanyak 16 orang beserta official," jelasnya.

Pihaknya menjelaskan pelaksanaan STQ nantinya tetap mengacu pada protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan memakai masker dan menjaga jarak. Pihaknya juga akan menyediakan cek suhu tubuh dan Tempat Cuci Tangan. "Kita tetap mengacu kepada protokol kesehatan. Kenapa kita tidak menggelar STQ ini pada malam hari, karena tujuannya untuk meredam jumlah penonton dan kita juga bisa menjaga keamanan dan mengkondisikan penonton terkait jarak dan protokol protokol lainnya“ tandasnya. Ices