Proyek Jalur"By Pass" BIL-Mandalika Mulai Dikerjakan

17 Juli 2020 administrator 110 kali dibacaa

LOMBOK TENGAH, MP

Pembangunan jalur 'By Pass BIL-Mandalika sepanjangn 17,363 km dengan lebar 50 meter akan mulai dikerjakan akhir bulan Juli 2020. "Dua Minggu kedepan, kita sudah mulai kerjakan. Sekarang sedang tanda tangan kontraknya," kata Pånitia Pelaksana Kegiatan(PPK) Balai jalan Nasional NTB, Andhika Tommy ketika sosialisasi pembangunan jalan By Pass BIL Mandalika dalam rangka mendukung event Moto GP 2021 di kantor Camat bersama Kepala Desa dan sejumlah warga yang terdampak lahannya, Kamis (16/7).

Kemudian, pembangunan akan dimulai dari Dusun Songgong dulu. Sementara untuk yang lain, 14 km BIL akan dikerjakan setelah menunggu keputusan pak Menteri. Karena, jika dana diatas Rp 1 miliar harus melalui. persetujuan pak Menteri. "Kita tunggu saja, mudah - mudahan Agustus bisa dikerjakan juga," jelasnya.

Kemudian, ia juga mengajak semua masyarakat untuk bersama sama mendukung pembangunan itu.

Jika ada hal-hal yang perlu dibicarakan soal sistem pengerjaannya bisa langsung komunikasi dengan pihak ketiga. Dalam hal ini, pihaknya tidak boleh interpensi pihak ketiga. Jika ada yang mau Subcon, silahkan berhubungan langsung dengan pihak ketiga. "Kami hanya tahu kualitas harus bagus dan harus sesuai dengan di kontrak," jelasnya.

Sementara, Sekda Lombok Tengah, Dr. H. M. Nursiah mengatakan hal senada. Meminta masyarakat untuk bersama mendukung dan mensukseskan pembangunan ini.

"In Sya Allah bulan ini sudah mulaidikerjakan untuk tahap awalnya,"ungkapnya.

Sedangkan, Kades Ketara,Lalu Buntara meminta kepada PPK agar pihak ketiga tidak bermain dengan pihak subcon dari luar. Artinya, pihak ketiga harus meli- batkan warga setempat dalam pengerjaannya. Apalagi, masyarakatnya mampu dan bisa bersaing dengan cubcon dari luar dalam sisi kualitas dan pengerjaannya. "Kami dalam pengerjaan ini agar dilibatkan. Jangan libatkan subcon dari luar," tungkasnya.

Diketahui, total anggaran jalan By Pass BIL-Mandalika menelan Rp1,8 triliun termasuk biaya pembebasan tanah, biaya perencanaan maupun biaya pembangunan fisiknya. Luas lahan sebanyak 98,8 hektar dengan melintasi 7 desa. Panjang 17,363 km dengan lebar 50 meter. dk