Pasar Jelojok Kopang Raih Tropy sebagai Pasar Tersehat se NTB

9 November 2020 administrator 53 kali dibacaa

LOMBOK TENGAH Masyarakat Kopang khususnya boleh bangga. Karena pasar Jelojok-Kopang-Lombok Tengah masuk kategori pasar tersehat se NTB. Pasar yang berada strategis di jalur Pulau Lombok- Sumbawa ini, penobatan sebagai pemenang akan dikukuhkan besok hari Senin (hari ini, red,) di sebuah Hotel di Senggigi Lombok Barat (Lobar). Perebutan Tropy pada kompetisi yang digelar Polda NTB ini bukan tanpa alasan.

“Alhamdulillah, Pasar Jelojok Kopang-Lombok Tengah, terpilih sebagai pasar tersehat se NTB,” ungkap Plt. Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Sarana Distribusi Perdagangan, Baiq Elny Susanti, ST di Kopang, Minggu (8/11/20).

Menurut Elny, dalam rangka upaya meraih tropy sebagai pasar tersehat, menurut Elny sudah melakukan beberapa upaya maksimal. Pada bulan Oktober lalu, pihaknya sudah melakukan upaya kegiatan yang melibatkan seluruh unsur. Mulai dari internal UPTD, petugas cleaning service (CS), petugas kebersihan, PAM, Security, Dan Ramil serta Polsek setempat.

Kegiatan yang digelar diantaranya pembagian masker bagi pedagang, gotong royong, penataan pedagang dan lingkungan pasar serta kebersihan drainase dan selokan seluruh areal pasar. Bahkan tim akademisi dari Unram pun datang. Mereka menilai dari sisi penataan, pengelolaan, sanitasi, limbah serta bagaimana kondisi menghadapi covid19 bagi pedagang, termasuk kehadiran tim dari Angkasa Pura yang turut serta membantu. Karena pasar jelojok merupakan pasar terbesar, jadi antisipasi tetap dijaga.

“Tidak dinyana, ternyata upaya kami membuahkan hasil sebagai yang terbaik,” ungkap Elny haru. Keharuan wanita familiar ini kian memuncak, karena selain Pasar Jelojok, bahkan Bupati Lombok Tengah (Loteng) pun terpilih sebagai bupati terbaik se NTB. Atas prestasi ini, Elny meminta, seluruh warga Kopang khususnya, pedagang serta pengelola pasar Jelojok patut bersyukur. Karena dulu antar pedagang, LSM serta warga lokal saling berselisih faham soal kepentingan sesaat. “Sekarang semua membawa nikmat,” kata Elny didampingi seluruh koordinator bidang sebagai rekan sejawatnya.

Kepada NRNews Elny menambahkan, secara khusus, panitia kompetisi Pasar Tersehat ada di Resor Loteng. Sedangkan untuk Kampung Sehat dihandle oleh Polda NTB. Seluruh nominasi pemenang sudah diumumkan. Nominasinya sebagai Tempat Wisata Tersehat, Pasar Tersehat, Tempat Ibadah Tersehat, serta nominasi sebagai Kampung Sehat 2020.

“Alhamdulillah, dari pengumuman semua nominasi ini, kita diinformasikan oleh Resort Loteng dua hari lalu,” papar Elny sembari menyebut, semua bantuan datang dari sejumlah OPD Loteng.(NRNews/007)