Mentan Hadiri Panen Raya Di Lombok Tengah

24 Agustus 2020 administrator 94 kali dibacaa

LOMBOK TENGAH Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kegiatan panen raya padi dengan produktivitas 8 ton per hektar di Désa Aikmual, Kecamatan, Praya Kabupaten Lombok Tengah, Minggu 23 Agustus 2020 merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian (Kementan) untuk terus meningkatkan pasokan pangan pada masa pandemi Covid-19. Kegiatan panen raya ini juga berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian saat memberi sambutan dalam kegiatan panen raya di Lombok Tengah yang didampingi juga oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah', SE., M. Sc dan Bupati Lombok Tengah H. Mob. Suhaili Fadhil Thohir, SH.

Menteri Pertanian dalam kesempatan itu mengatakan di Indonesia yang tidak kena resesi dampak Covid-19 adalah sektor pertanian, oleh karena itu pertanian kita harus kembangkan dengan kuat pertam'an adalah sektor yang tidak membuat masyarakat miskin.

"Kita hams bisa bertahan, itulah yang sementara ini kita lakukan bersama Gubernur NTB. Hal yang di depan mata kita tidak boleh kita sia-siakan, kita harüs mengembangkannya dengan kuat dan NT B dalam track yang benar hingga dibutuhkän semangat yang besar karena ini tantangannya besar sekali dan saya siap untuk menjadi bagian yang mengawal pak Gubernur bersama di NTB" ujarnya.

Selain itu Mentan menyatakan penguatan pertanian di NT B menjadi agenda yang penting, sebab NTB memiliki berbagai komoditas strategis yang menopang ketahanan pangan nasional Selain padi NTB memiliki komoditas unggulan seperti jagung, bawang dan sapi.

Bupati Lombok Tengah H. Mob. Suhaili Fadhil Thohir, SH menyampaikan ucapan atas kunjungan Menteri pada acara panen raya di Lombok Tengah dan menyampaikan bahwa produk hasil panen yang terus meningkat tiap tahunnya.

"Terima kasih atas kunjungan Bapak Menteri, telah memberikan support, memberikan semangat kepada para petani untuk lebih aktif membangun pertanian. Alhamdulillah Bapak Menteri dapat hadir di tengah tengah kami, ini adalah bagian dari cara kami bersyukur kepada Allah karena memang produksi pertanian Lombok Tengah dari tahun ke tahun meningkat," ucapnya.

Dalam kesempatan itu Mentan juga menyerahkan beberapa program bantuan kementerian Pertanian RI untuk Provinsi NTB dan penyerahan fasilitas dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau permodalan dan berbagai bantuan prasarana dan sarana produksi.

Turut hadir dalam kesempatan itu anggota Komite II DPD RI, beberapa Dirjen lingkup Kementerian Pertanian diantaranya Di1jen Holtikultura, Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Prasarana F isik, Dirjen Perkebunan, Dirjen Peternakan, Kepala Balai Pertanian, Unsur Forkopimda Provinsi NTB, Unsur Forkopimda Lingkup Lombok Tengah, beberapa perwakilan perbankan dan para petani.