Menkominfo Cek Akses Internet di KEK Mandalika

25 Sepember 2020 administrator 130 kali dibacaa

LOMBOK TENGAH‚ MP

Menteri Komunikasi dan lnformatika, Johnny Gerard Plate melakukan kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Kedatangan menteri tersebut untuk memastikan ketersediaan sarana Telekomunikasi lnformasi dan Komunikasi (TIK) yang memadai di KEK Mandalika yang merupakan salah satu kawasan super prioritas utama pemerintah pusat. “Meneruskan amanat bapak presiden untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur TIK di wilayah 3T dan non 3T yang akan dilakukan oleh operator seluler,” kata Johnny saat ditemui sejumlah awak media, (24/09) kemarin.

Dikatakannya, penyediaan sarana telekomunikasi yang memadai di KEK Mandalika menjadi salah satu prioritas utama pada titik lokasi blank spot di wilayah penyangga KEK Mandalika yang selama ini dikeluhkan masyarakat. Untuk saat ini, pemerintah telah membangun 6 BTS aktif atau Pemancar Transmisi Jaringan Internet (PTJI) di Kek Mandalika. “Nanti juga akan ditambahkan 3 BTS dengan kekuatan kualitas layanan 46 untuk mengoptimalkan layanan telekomunikasi,” terangnya.

Hal tersebut dilakukan mengingat KEK Mandalika saat ini menjadi salah satu dari lima kawasan super prioritas pembangunan pariwisata oleh pemerintah pusat. Terlebih lagi, KEK Mandalika akan dijadikan lokasi perhelatan ajang bagengsi MotoGP pada tahun 2021 mendatang. “MotoGP akan menjadi show case atau etalase Indonesia di mata lnternasional. Jadi kita perlu menghadirkan teknologi informasi dan infrastruktur, sarana dan prasarana TIK yang prima,” tegasnya.

la juga menyampäikan, selain menyasar KEK Mandalika, pemerintah pusat juga mencatat sebanyak 71 kawasan blank spot di NTB yang akan menjadi prioritas lanjutan untuk di bangun pada tahun 2021 mendatang. “Blank spot diluar kawasan sudah masuk road map untuk pembangunan di tahun 2021 dem 2022 mendatang,” pungkasnya. |5lp.