Hari Ini Vaksinasi Perdana Covid-19 Dimulai

3 Februari 2021 administrator 118 kali dibacaa

LOMBOK TENGAH, MP Vaksin Covid-19 di Lombok Tengah akan mulai disuntikkan hari ini, Rabu (3/2). Pertama akan dimulai dari jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). "Sekitar pukul 09.00 wita kita akan mulai melakukan vaksinasi. Vaksinasi akan berlangsung di Ballroom Gedung Kanto Bbupati Lt.5 ," kata PLT Kapala Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Tengah, dr Muzakir Langkir, Selasa (2/2).

Setelah itu tegas Langkir vaksinasi baru akan dilakukan ke tenaga kesehatan (nakes), baik itu nakes yang ada di RSUD Praya maupun nakes di puskemas. Kemudian alasan mereka didahulukan, karena nakes adalah garda terdepan dalam penangan Covid-19. "Target semua nakes sudah divaksin hingga dua minggqu. kedepan,"tegasnya.

Kemudian baru lanjut ke anggota TNI, Polri dan guru. Target Maret akan dilakukan vaksinasi. "Setelah itu dilanjut ke masyarakat. Perkiraan April akan menyisir masyarakat. Saat ini. kita prioritaskan dulu untuk nakes, TNI, Polri dan guru," terangnya.

Sementara dosis vaksin yang diterima Lombok Tengah sebanyak 5.880 dosis. Sehingga dengan stok yang ada bisa menyisir semua Nakes. "Sedangkan untuk vaksinasi tahap ke dua akan dilakukan setelah vaksinasi tahap pertama selesai," ujarnya.

Disinggung soal keamanan vaksin tersebut, Langkir tegaskan, vaksin sinovac aman untuk disuntikkan. Apalagi sudah diuji baik oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Sedangkan vaksin ini adalah untuk membuat kekebalan tubuh supaya kita terjangkit dengan virus Covid-19. Itu pun nanti tidak sembarangan akan diberikan vaksin,.harus melalui scraning terlebih dahulu. Bahkan ada 16 pertanyaan ketika dilakukan scraning tersebut. Kemudian, jika salah satu diantaranya tidak cocok dan terbukti saat dilakukan scraning, maka tidak akan diberikan vaksin. "Jadi kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak takut dan khawatir terhadap vaksin tersebut. Apalagi, tidak ada istilahnya pemerintah akan mencelakai rakyatnya," tegasnya.

Sementara diketahui, pendistribusian vaksin Sinovac telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan ke Rumah Sakit dan Puskesmas dengan pengawalan dan pengamanan pihak Polres Loteng, Minggu (31/1).

Saat itu ada 10 fasilitas kesehatan yang sudah menerima Vaksin Covid-19 dosis pertama, diantaranya yaitu Rumah sakit Islam Yatofa, Puskesmas Mantang, Aik Darek, Teratak, Aik Mual, Tanak Beak, Muncan, Kopang, Pengadang dan Puskesmas Wajageseng. |dk

Bupati dan Wakil Bupati
Kabupaten/Kota Layak Anak
Social-Network