Formasi CPNS dan PPPK Lombok Tengah Terbanyak

19 Mei 2021 administrator 2708 kali dibacaa

Lombok Tengah-Tahun ini, Pemkab Loteng kembali membuka penerimaan calon pegawai negerisipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja(PPPK). Formasi yang disiapkan sebanyak 2.080 Orang. "1.886 kursi diantaranya khusus guru PPPK,' ujar Bupati HL Pathul Bahri diruang kerjanya, kemarin (18/5).

Sebanyak 2.080 formasi terdiri dari 78 guru agama Islam, 1.510 guru kelas dan 298 kursi guru penjaskes. Sisanya sebanyak 194 CPNS. Sebanyak 34 diantaranya formasi tenaga kesehatan dan 160 formasi tenaga teknis.

“Dari 10 kabupaten/kota se-NTB, Loteng terbanyak mendapatkan jatah formasi CPNS maupun PPPK,' papar Lalu Pathul didampingi Plt Sekda Loteng HL Idham Khalid dan Kepala Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Loteng H Mohammad Nazili.

Dia menerangkan, khusus formasi PPPK guru yang berhak mendaftar yakni guru honorer kategori dua (K2) sesuai database Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI. Kemudian, guru honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan pemkab dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Selain itu guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar di Dapodik Kemendikbud RI. Terakhir lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar didatabase lulusan PPG Kemendikbud. RI. “Bagi yang mengikuti formasi PPPK diberikan peluang mengikuti tes tiga kali,' tandas Pathul.

Artinya, kalau di tes pertama misalnya tidak lulus, maka masih ada kesempatan untuk tes kedua. Begitu seterusnya hingga tes ketiga. Itu artinya, pemerintah luar biasa memberikan perhatian kepada mereka yang sudah lama mengabdi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.“ Pengumuman seleksi akan dibuka mulai 30 Mei-13 Juni mendatang,”tambahnya.

Kata dia, sedangkan proses seleksi, pengumuman hingga pengangkatan CPNS maupun PPPK sendiri sampai akhir tahun ini. "Semua punya peluang menjadi CPNS dan PPPK,' sambung Plt Sekda Loteng HL Idham Khalid.

Karena itu, pihaknya mengingatkan warga mempersiapkan diri dari sekarang. Terutama berkas pendaftaran. “Pendaftaran melalui BKPP, cuma ada juga secara online ke pusat,’ tambah Kepala BKPP Loteng H Mohammad Nazili.

Dia menekankan, khusus PPPK yang berhak mengikuti hanya warga Gumi Tatas Tuhu Trasna. Sementara CPNS harus siap-siap bersaing dengan warga luar, Karena dipastikan pesertanya dari seluruh Indonesia.

Bupati dan Wakil Bupati
Kabupaten/Kota Layak Anak
Social-Network