Akses Internet di Pendem Kian Mudah

14 Januari 2021 administrator 44 kali dibacaa

JANAPRIA - Guna meningkatkan sumber daya manusia dan perekonomian masyarakat, Pemdes Pendem, Kecamatan Janapria saat ini telah resmi membangun kerjasama dengan pihak penyedia layanana internet. Hal ini juga untuk mewujudkan misi menuju Indonesia 4.0 yang selama ini terus digaungkan oleh pemerintah pusat.

Plt Kades Pendem, Supardi mengatakan, dengan adanya program internet masuk desa, Pemdes saat ini telah berhasil membuka akses internet kepada masyarakat untuk nantinya dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Pemasangan 80 tiang pemancar signal nirkabel ini dilakukan dari Dusun Montong Bulok hingga kantor desa dengan jarak 3 kilometer. Ke depannya, Pemdes kemungkinan akan memperpanjang kembali jarak akses internet hingga ke Desa Janapria.

“Kita fasilitasi warga internet agar dapat melek teknologi .Kita harap ke depannya masyarakat dapat mengembangkan ekonomi di sektor teknologi ini ”, ucapnya .

la menyebut, untuk anggaran sendiri Pemdes tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Pasal nya, ini program murni dari pihak penyedia layanan internet untuk desa.

"Kita hanya fasilitasi tempat dan tenaga saja. Untuk pengadaan tiang, kabel dan lainnya itu dari mereka (Telkomsel, red) yang berikan,” ungkapnya.

Sebagai kompensasi atas izin yang diberikan, pihaknya sendiri mendapat jatah service pengadaan fasilitas untuk layanan akses internet. Oleh karena itu, dengan adanya program penyediaan layanan internet ini tentu sangat membantu kegiatan pelayanan di kantor desa kepada masyarakat. Pasalnya, selama ini sebelum adanya program ini Pemdes sendiri masih menggunakan internet paketan yang dibeli setiap bulannya, dengan signal yang tidak stabil. Sehingga menyebabkan pelayanan untuk masyarakat ikut terganggu. Belum lagi dengan kondisi fasilitas internet di desa seperti tiang pemancar dan peralatan yang seadanya membuat akses internet di kantor desa khususnya tidak maksimal.

Selain di kantor desa, akses internet ini dapat juga dirasakan manfaatnya oleh beberapa lembaga pendidikan yang ada di wilayahnya.

“Dua pondok pesantren kita juga sudah dapat menikmati akses layanan internet ini. dengan adanya layanan ini semoga ke depannya kualitas pendidikan di desa dapat berkembang pesat,” tutupnya. (buy)