Persiden Kunjungi Pembangun KEK Mandalika dan Sirkuit MotoGP

LOMBOK TENGAH. MP

Presiden Joko Widodo pada hari Jumat pekan kemarin kembah berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta, kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah NTB.

Kunjungan orang nomor satu di Indonesia ini dalam rangka melihat prospek pembangunan yang dilakukan dikawasan KEK Mandalika tersebut, termasuk pembangunan infrastruktur sirkuit MotoGP.

Presiden Joko Widodo disambut oleh Gubernur NTB, Zulkiefliimansyah sekitar pukul 11.00 Wita bersama Menteri PUPR dan menteri Sekretaris Kabinet dan sejumlah pejabat lainnya, dan setelah dari Bandara Internasional Lombok, rombongan langsung menuju Kawasan KEK Mandalika.

Kunjungannya di KEK Mandalika, presiden disambut oleh pejabat dari ITDC dan Bupati Lombok Tengah HM Suhaih FT, dan langsung meninjau sarana dan prasarana disekitar pantai Kuta. Dalam kunjungan itu juga, presiden mendapatkan penjelasan dari pihak ITDC tentang prospek pembangunan kawasan KEK Mandalika.

Menurut presiden, kunjungannya tersebut guna memastikan percepatan pembangunan fasilitas yang berkaitan dangan Sirkuit untuk mencapai target operasi pada tahun 2021 yang akan datang. Ia juga memastikan, infrastruktur yang sebentar lagi dkerjakan yaitu jalan bypass dari BIL ke KEK Mandahka. “Kami harapkan konstruksi paling lambat pada Januari tahun 2020. sehingga pada 2020 semua fasihtas yang diinginkan oleh MotoGP betul-beml sudah siap,” tegasnya.

Presiden juga menegaskan, tahun 2021 semua bisa melihat bersama MotoGP bisa diselenggarakan di Mandalika Lombok ini. Sedangkan terkait dengan anggaran peluasan BIL dan pembangunan Bypass dari BIL Menuju KEK Mandalika Presiden menegaskan semuanya berasal dari pembiayaan negara. Semua ini dilakukan untuk mempercepat proses pembangunan KEKMandalika.

Usai kunjungannya melihat prospek infrastruktur KEK Mandalika dan Sirkuit MotoGP, presiden kemudian melakukan kunjungannya ke Sade Rembitan dan melakukan sholat Jumat disana. Usai kunjungannya, presiden kemudian bertolak ke Pulau Dewata Bali. |wan