Bupati Harapkan Bendungan Batujai Bisa Dikelola Pemkab Loteng

Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT, SH belum lama ini mengaku, Pemkab Lombok Tengah sudah mengajukan permohonan untuk melakukan pengelolaan terhadap keberadaan Bendungan Batujai sebagai salah satu lokasi wisata yang di Kota Praya. “Bedungan Batujai ini masih ditangani oleh pemerintah pusat, sehingga itu kami mohonkan ke Pusat melalui Badan Wilayah Sungai (BWS) untuk bisa kita kelola, “ungkapnya.

Kalau pemerintah pusat memberikan pengelolaan otu kepada Lombok Tengah tambah Bupati, yang utama kepentingan kita yaitu agar potensi yang ada tidak mubazir dan kita ingin ikhtiar mendapatkan manfaat yang lebih dari keberadaan bendungan tersebut. “Kita yang ketempatan berharap ada nilai lebihnya, meskipun keberadaan bendungan ini manfaatnya juga dirasakan oleh saudara-saudara kita yang ada di Lombok Barat, “ungkapnya.

Bupati juga menyatakan, nilai lebih yang dimiliki oleh Bendungan Batujai ini memiliki keindahan dimana ada bendungan yang ada di pusat kota, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam arti bukan akan mengambil menjadi hak pribadi Lombok Tengah, tetapi yang penting bagaimana Lombok Tengah diijinkan untuk melakukan penataan dan pengelolaannya sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat sebagai tempat mereka mengais rezeki, sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata dan peluang usaha masyarakat dalam rangka peningkatan ekonominya.

Selain itu lanjut Bupati, kepentingan kita adalah mengelola atau menyiapkan berbagai alternatif berbagai destinasi wisata untuk mendukung keberadaan kawasan ekonomi khusus mandalika. “Kami akan menyiapkan berbagai alternatif kalau pengelolaannya diizinkan kepada kami, dan yang terpenting dalam rangka mendukung keberadaan KEK Mandalika, “tegasnya.

Selain itu Bupati, dengan keberadaan Bendungan Batujai kalau pengelolaannya diberikan kepada Pemkab Lombok Tengah, agar kawasan bendungan ini tidak menjadi kawasan yang kumuh, dan ini akan mengurangi keasrian dan keindahan tata ruang Lombok Tengah. “Ini akan kami tata dan kelola sesuai dengan potensi yang ada d Lombok Tengah, apalagi lokasinya berada diantara Bandara dan Kota Praya, dan kalau ini menjadi tempat penampungan sampah dari masyarakat dan tidak ditata dari hulu sampai hilir maka lama-lama bisa menjadi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, “tegasnya.

Pihaknya mencontohkan, banyak daerah diberikan pengelolaan oleh pusat menjadi salah satu destinasi didaerahnya seperti Bendung. Dan hal lain yang kita inginkan di Lombok Tengah bagaimana Bendungan Batujai ini diberikan pengelolaannya kepada Pemkab Lombok Tengah. “Kalau mengenai anggarannya bita kita shering nantinya, apalagi masterplantnya kita sudah ada. Untuk itu dan ini bisa menjadi danau dalam kota.(MP)