Tahun Ini Alun-alun akan Ditata

Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah, HM Nursiah, S.Sos., M.Si mengatakan, pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan membangun air mancur di depan Alun-Alun Tastura sekaligus akan dilakukan desaign alun-alun tersebut, sehingga kedepan diharapkan alun-alun ini yang secara fungsional bermanfaat bagi masyarakat. “Kami akan segera mendesaign alun-alun ini dan akan membangun air mancurnya pada tahun 2019 ini, “tuturnya sembari menambahkan, dana pembangunan air mancur ini mencapai Rp. 3 Miliar dan akan menjadi ikon kota Praya.

Sekda menjelaskan, dengan ditatanya alun-alun tentu konsekwensinya pada pedagang yang ada diaulun-alun tersebut akan ditata juga. “Kami akan mentata juga para PKL nya mulai dari letaknya kemudian bangunannya termasuk tata letak barangnya sehingga harus menyesuaikan keindahan yang akan terjadi di alun-alun kita, “ujarnya.

Kalaupun untuk PKL ini tidak mencukupi di alun-alun Tastura, maka lokasi disebelah utara PDAM juga bisa dimanfaatkan untuk penempatan para PKL ini sambil menunggu lokasi dimana yang akan menjadi lokasi tetap dari PKL yang ada. “Termasuk dibelakang orient juga bisa dimanfaatkan khususnya untuk kuliner basah. Dan kami sudah meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk melakukan pendataan PKL, baik mulai dari jenisnya, termasuk mereka menjual apa ? dan lain sebagainya, sehingga berdasarkan hal itu kami akan menentukan lokasi mereka dimana, “kata Sekda.

Yang jelas lanjut Sekda, untuk saat ini pembangunan air mancur masih dalam proses pengadaan barangnya dan tendernya, sedangkan untuk desaignnya sudah ada di Dinas Perkim dan masih perlu dilakukan pematangan kembali. “Nantinya alun-alun ini bisa menjadi lokasi olahraga, pagelaran seni dan budaya, lokasi bermain anak-anak dan lain sebagainya. Semunya akan terintegrasi menjadi satu dialun-alun ini. Sehingga kalau aneka permainan,termasuk membutuhkan tontonan yang sifatnya mengedukasi maka datanglah ke alun-alun, “tegas Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya menjelaskan, air mancur yang akan dibangun tersebut merupakan air mancur yang bisa menari dan bernyanyi. “Air mancur yang akan dibangun ini kami harapkan bisa menari dan bernyanyi serta akan kita hadiahkan untuk Ulang Tahun Lombok Tengah yang ke 74, “harapnya.

Diakhir bulan April ini lanjut Lalu Firman suah bisa dilakukan tender dan termasuk akan dilaunching sebagai salah satu ikon dan brending Lombok Tengah yang sudah kita desaign tahun kemarin sehingga akan kita kolaborasikan. (MP)