Bupati dn ITDC Matangkan Pembangnan Sirkuit MotoGP

Bupati Lombom Tengah HM Suhaili FT menggelar rapat koordinasi dengan PT. Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika  Resort Kuta, Kecamatan Pujut di Hotel D’Max (21/3).

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka peningkatan pelaksanaan pembangunan kawasan pariwisata dan persiapan pelaksanaan pembangunan sirkuit MotoGP di kawasan Mandalika Resort Tahun 2019.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan, progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika saat memasuki tahap homologasi sirkuit atau tes ulang kondisi lapangan sehingga, mencapai standar yang diharapkan. Artinya, antara desain dan lapangan harus dipadukan. “Proses ini membutuhkan waktu lima bulan. Ditargetkan Agustus sudah selesai, “jelasnya.

Setelah itu, baru tahap pelaksanaan DED nya. Sehingga setelah selesai dokumen DED nya,baru pada tahap pengerjaan pembangunannya. “Pokoknya kita mulai pembangunannya September 2019, “katanya.

Untuk itulah, pihaknya bersama Bupati Lombok Tengah melakukan rapat koordinasi, supaya pemerintah daerah ikut memantau dan mendukung pembangunan sirkuit MotGP Mandalika berkonsep street circuit atau sirkui jalan raya.

Artinya, trek itu bisa digunakan untuk kepentingan umum kalau tidak digunakan balapan. “Kita optimis sirkuit itu bisa terbangun, apalagi pak Presiden, Jokowi sangat mendukung, “tuturnya.

Dijelaskan juga Abdulbar, setelah selesai proses pembangunan sirkuit Mandalika dengan panjang 4,32 km dengan 18 tikungan, kemudian baru tahap persiapan penyelenggaraan yang dilakukan tahun 2020. Karena sirkuit Mandalika itu mendapat penunjukan pelaksanaan MotoGP Tahun 2021 dari pihak Dorna Sport selaku pelaksana MotoGP. “Memang saat ini kita belum dapat tanggal pelaksanaan, apakah setelah pealksana di sirkuit Sepang atau sebelum di Australia. Yang jelas penentuannya di tahun 2020. Sehingga penonton bisa memesan tiket satu tahun sebelumnya,”ujarnya.

Sementara, Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT mengatakan, pihaknya siap mendukung pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika. Bahkan pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk mendukung percepatan pembanunan dikawasan sesuai dengan  masterplannya. “Pada intinya kita siap untuk mendukung percepatan pembangunan KEK Mandalika Resort, “singkatnya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga Wakil Hupati Lombok Tengah H.Lalu Pathul Bahri, SIP, Ketua DPRD Lombok Tengah H.Ahmad Fuaddi, Kepala OPD dan pihak Direksi ITDC Lombok. Kegiatan rapat koordinasi itu diakhiri dengan acara pisah sambut Project Direktor ITDC dari Hari Wibisono yang saat ini dipercayakan sebagai salah satu Direktur anak perusahaan ITDC kepada Wayan Karioka yang sebelumnya menjabat sebagai Managing Direktor The Nusa Dua. (MP)