Bupati Buka MTQ Ke-28 di Janapria, HM Suhaili : MTQ Bagian dan Ikhtiar Kita Membangun Mental Spiritual

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Lombok Tengah yang ke-28 yang diselangarakan oleh kecamatan Janapria, akhirnya dibuka oleh Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT, SH.

Dalam acara tersebut, Pelantikan Dewan Hakam dilakukan oleh Wakil Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri, SIP.

Dalam acara pembukaan tersebut, Camat Janapria, H Mahlan, S.Sos selaku tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten yang ke-28 tersebut dalam laporannya menyatakan, pelaksanaan MTQ ke-28 tingkat Kabupaten ini diselanggarakna mulai dari tanggal 1 hingga dengan 7 Maret 2019, dan diawali dengan kegiatan Pawai Taaruf yang diikuti oleh 12 kecamatan se Lombok Tengah.

Sementara tempat melanjutkan Camat di 10 titik, dan arena dilaksanakan di halaman SMPN 1 Janapria. Jumlah peserta terdiri dari Kecamatan Janapria terdiri dari 66 orang, Kopang terdiri dari 58 orang, Kecamatan Praya Timur 48 orang, Kecamatan Praya Tengah 58 orang, Kecamatan Praya 64 orang, Kecanatan Praya Barat 60 orang, Kecamatan Praya Barat Daya 58 orang, Kecamatan Pujut 66 orang, Kecamatan Jongat 70 orang, Kecamatan Batu Keliang 56 orang dan Kecamatan Batu Keliang Utara 63 orang. 715 orang terdiri dari peserta putra dan putri dari tingkat anak-anak sampai dengan tingkat orang dewasa dan diikuti juga oleh cacat netra. “Kami mohon maaf kepada para peserta atas segala kekurangan dan kehilapan kami baik sarana maupun prasarana yang dipersiapkan jauh dari kesempurnaan,” kata H Mahlan.

Sementara itu, Bupati Lobok Tengah HM Suhaili saat membuka acara tersebut mengumumkan, MTQ ini diselenggarakan secara rutin untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ini yang tersirat dan tersurat dalam Alqur’an. “Saat ini kita menghadiri pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Lombok Tengah, kegiatan ini dalam rangka untuk lebih membumikan Alqur’annurkarim khusus di Bumi Tatas Tuhu Trasna Lombok Tengah ini,” kata Bupati.

Membumikan Alqur’an ini kata Bupati agar pola fikir kita tidak hanya tergiring pada pemahaman yang paling utama hanya seremonial dan lombanya saja. Momentum MTQ atau apa saja yang dipanggil dan setiap jenjang juga merupakan kegiatan untuk lebih mensiarkan mensosialisasikan dan ajang dakwah bagi masyarakat untuk membuka kedepan masyarakat untuk lebi qurani dan akan Alquran untuk perikehidupannya mempraktekkan ajan Alquran.

Kegiatan malam hari ini lanjut Bupati merupakan bagian dan ikhtiar kita untuk membangun mental spiritual, membangun manusia seutuhnya. Dalam pelaksanaan MTQ kali ini, pihaknya berharap jadikan wahana ini untuk menumbuhkembangkan minat, semangat, animo dan kemauan dari masyarakat luas untuk belajar mengkaji, merenungkan dan meningkatkan Alquran.

Kemudian bagaimana generasi kita juga membahas Alquran tidak hanya mencari tahu tentang pengetahuan saja, tetapi bagaimana menaikinya, memahaminya dan sebagainya. “Inilah salah satu hakekat dari penyelenggaraan MTQ kali ini dan muaranya adalah tentu saja masyarakat keseluruhan dapat menghayati dan mengamalkan isi dari konten Alquran itu sendiri,” harap Bupati.

Bupati juga mengharapkan, apa yang menjadi tujuan dambaan dan tujuan pelaksanaan MTQ ini akan dapat kita raih atas ijin dari Allah SWT. “Semoga melaksanakan MTQ ke-28 ini di bawah naungan dari ridho Allah SWT, dan bermuarakan kesuksesan bagi masyarakat dan kita semua,” demikian Bupati.

Acara tersebut dipenuhi juga dengan penyerahan piala bergilir dari Bupati Lombok Tengah ke Camat Janapria selaku tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke-28. | Wan