SKPD MENINGKATKAN KETERBUKAAN INFORMASI TERKAIT EVALUASI KOMISI INFORMASI PROVINSI

Dari hasil monitoring dan evaluasi Komisi Informasi Publik (KIP), Lombok Tengah masih dinyatakan kurang informatif. Pasalnya masih banyak badan publik yag belum terbuka dalam informasi pelayanan public.

Hal ini membuat, wakil bupati Loteng, HL Pathul Bahri, memanggil semua SKPD hadir dalam rapat pembahasan terkait pelayanan informasi public.

Dalam rapat itu, Pathul Bahri menekankan kepada semua SKPD untuk segera mengangkat satu tenaga honorer dibidang IT. Karena, mereka akan banyak membantu dalam mengakses data demi kelancaran pelayanan publik. Sehingga kedepan Loteng bisa menjadi kabupaten yang informative dalam penyajian pelayanan publik. “Yang jelas masing-masing SKPD harus memiliki satu tenaga ahli dibidang IT,” tegasnya.

Sebenarnya beber Pathul, semua SKPD telah memiliki data lengkap, mulai dari perencanaan hingga laporan keuangan. Hanya saja, kelemahan dan kekurangan kita semua SKPD belum menglinkkan semua programnya ke kominfo melalui melalui website lomboktengahkab.go.id. “Atas dasar inilah kita mendapat penilaian kurang informatif dari KIP NTB,” terangnya.

Sementara, Kadis Kominfo Loteng, M Zarkasi mengakui, semua SKPD belum menglink bentuk program kegiatannya di website lomboktengahkab.go.id melalui jaringan kominfo. “Tahun ini kita akan bangun koordinasi dengan semua dinas, sehingga sehingga semua bentuk program kegiatan website lomboktengahkab.go.id,” terangnya.

Sehingga, semua informasi pelayanan publik bisa tersaji dalam satu website. Selain itu, kita pun tidak berada dalam kategori kurang informatif, melainkan kita harus menjadi kabupaten yang informative dalam penyajian informasi ke public. “Pokoknya tahun ini semua SKDP telah terisi dalam website lomboktengahkab.go.id,” pungkasnya. dk