Wabup Ingatkan Kades Lebih Kreatif

Wakil Bupati Lombok Tengah H.Lalu Pathul Bahri, SIP mengingatkan kepada semua Kepala Desa (Kades) untuk melakukan sinergifitas dalam penyelesaian masalah di tingkat desa. Karena sekitar 143 desa dari 12 Kecamatan yang terdiri dari 1800 kadus. Kades merupakan tulang punggung bagi masyarakat di masing-masing wilayah. “ Sebesar apapun masalah kalau tidak ada orang yang mempermasalahkan tidak akan jadi masalah. Tetapi sekecil apapun masalah itu jika ada orang yang mempermasalahkan pasti bermasalah,” kata Pathul Bahri saat menghadiri silaturrahmi Kamtibmas bersama semua Kepala Desa/Kelurahan, Rabu (09/01) kemarin.

Dikatakannya, Kades harus lebih kreatif dalam menjalankan roda pemerintahan. Hal ini untuk meminimalisir angka kriminalitas di tengah masyarakat. Karena yang bisa menyadarkan masyarakat adalah pemimpin yang ada ditingkat desa. Artinya, jika ada masyarakat yang kebiasaannya mencuri, silahkan dibuatkan aktivitas untuk mendorong perekonomian masyarakat. “ Silahkan manfaatkan anggaran yang telah diperuntukkan di masoing-masing desa untuk meningkat kreatifitas masyarakat melalui pemberdayaan dan lainnya, “katanya.

Untuk itu, pemerintah desa tidak boleh lalai dalam menjalankan setiap administrasi dan program yang ada. Karena hal itu akan berdampak pada terbengkalainya administrasi serta berimbas pada pemerintahan di Lombok Tengah. Terlebih saat ini Lombok Tengah ingin mengejar predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Kita diberikan reward oleh pemerintah pusat sebanyak tujuh kali di bidang tata kelola keuangan terbaik di Indonesia berturut-turut. Dan hasilnya itu untuk membangun infrastruktur jalan di Lombok Tengah, “jelasnya.

Ia juga menjelaskan, lima tahun yang lalu posisi PAD Lombok Tengah hanya Rp. 35 miliar namun saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan yakni mencapai angka Rp. 200 miliar. Hal ini berkat kerjasama semua pihak, baik itu pemerintah desa, DPRD dan Pemerintah Daerh. Sedangkan untuk APBD saat itu hanya Rp. 900 miliar meningkat menjadi Rp. 2,2 triliun yang diperoleh dari berbagai sumber. “Peran Kades dalam penganggaran sangat penting dalam skala prioritas. Karena apa yang menjadi prioritas itulah yang akan dikerjakan, “terangnya. (MP)