Bupati Lombok Tengah Resmikan SPBU Kompak 1 Harga

Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT, SH.,MM meresmikan SPBU Pertamina  Kompak 1 harga yang berada di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu (31/10/2018).

Peresmian SPBU yang diperuntukkan bagi kalangan masyarakat miskin ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Lombok Tengah didampingi Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional. Dr. Ir Saleh Abdurrahman, M.Sc dan perwakilan PT Pertamina (Persero), la Imbo.

Dalam sambutannya, Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT,SH.,MM mengucapkan syukur atas peresmian lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) 1 harga yang dicanangkan pemerintahan melalui Kementerian ESDM untuk memudahkan masyarakat mendapatkan BBM. “Ini merupakan bentuk kepedulian Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kepada masyarakat kecil, dalam menciptakan pemerataan dan keadilan harga BBM kepada warga terdepan, terluar dan tertinggal, “ucap Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT.

Pemerintah Kabupaten Lobmok Tengah, menurut HM Suhaili FT, sangat mengapresiasi atas inisiatif pemerintan pusat yang telah mewujudkan lembaga penyalur BBM satu harga hingga pelosok desa, termasuk di Kabupaten Lombok Tengah yang baru kali pertamanya didirikan. Menyusul kemudian akan dibangun diwilayah Bima dan Sumbawa.

Karenanya, Bupati Lombok Tengah dua periode tersebut mengajak seluruh masyarakat yang ada di daerah ini untuk bersama-sama menjaga semua sarana dan fasilitas yang ada untuk kalangan masyarakat miskin itu. “Mari kita manfaatkan SPBU ini dengan sebaik-baiknya, karena manfaatnya nanti akan sangat terasa bagi masyarakat. Sekaligus kita sama-sama awasi pengoperasian SPBU ini sehingga tidak disalahgunakan, ”kata Suhaili FT yang juga Ketua DPD Golkar NTB ini.

Peresmian lembaga penyalur program BBM Kompak 1 harga dengan nomor 56.835.12 itu, menurut Suhaili, diharapkan dapat memperlancar usaha-usaha perekonomian masyarakat. Sebab, mulai saat ini masyarakat tidak perlu lagi repot-repot membeli bahan bakar minyak hingga ke tempat yang jauh, yang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Dr. Ir. Saleh Abdurrahman, M.Sc pada kesempatan itu juga mengungkapkan, penentuan lokasi pendirian SPBU Kompak 1 harga itu dilakukan berdasarkan survey dengan beberapa persyaratan dan skala prioritas yang harus dipenuhi.

SPBU BBM Kompak 1 harga yang berada di Kabupaten Lombok Tengah ini, jelas Saleh Abdurrahman, merupakan yang ke 112 yang ada di Indonesia. Berdasarkan target yang telah ditentukan, pemerintah akan membangun 160 SPBU BMM 1 harga yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia hingga akhir tahun ini. “Faktor paling penting yang menentukan lokasi pendirian SPBU ini adalah kebutuhan masyarakat tentang BBM. Lokasinya jauh dari perkotaan sehingga lebih cepat dijangkau dan lebih ekonomis, “jelas Saleh Abdurrahman.

Saleh Abdurrahman mengharapkan peran aktif masyarakat sekitar untuk ikut menjaga dan merawat SPBU itu demi kemaslahatan bersama. “Saya pesan juga beli-lah bahan bakar minyak berdasarkan kebutuhan, “harapnya.

Untuk tahap awal ini, kata dia. SPBU BBM Kompak 1 harga ini hanya menyediakan BBM jenis premium. Sementara untuk jenis lain akan menyusul sambil melihat perkembangan potensi-potensi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, Saleh Abdurrahman juga menegaskan, harga BBM jenis premium di tempat tersebut sama dengan SPBU yang ada di seluruh Indonesia. “Kalau ada yang menaikkan harga, laporkan,”terangnya.

Acara peresmian SPBU BBM Kompak 1 harga itu berdasarkan pantauan wartawan berjalan aman dan lancer yang dijadiri sejumlah OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Camat Praya Barat Daya, Kapolsek, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan sejumlah tamu undangan lainnya. (MP)