Pasar Tani Cegah Permainan Pengempul

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melalui Dinas Pertanian Loteng menggelar pasar tani, dengan harapan bisa memajukan usaha pertanian, meningkatkan nilai jual dan mencegah permainan pedagang pengepul yang selalu mendapatkan keuntungan lebih, jika dibandingkan dengan petani. “Pasar tani tidak hanya sebagai sarana transaksi jual beli. Tapi, bisa sebagai ajang memasarkan produk yang dihasilkan petani Loteng kepada konsumen dengan harga yang murah, “ungkap Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT, SH usai senam jantung sehat di Alun-alun Tastura Lombok Tengah.

Lebih lanjut, ia harapkan kegiatan pasar tani bisa dilakukan sebulan sekali, upaya perkenlan pelaku usaha pertanian ke masyarakat luas. Selain itu, sebagai wahana ruang terbuka serta edukasi pertanian di Kabupaten Lombok Tengah. “Kami sangat apresiasi atas kegigihan petani, untuk mempertahankan ketahanan pangan dalam keberlangsungan hidup masyarakat,”jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah. Lalu Iskandar, SP,.MM mengatakan, pemasaran produk hasil pertanian di Indonesia secara nasional dan local masih sangat lemah, petani kesulitan memasarkan produk hasil pertaniannya. Petani seringkal terjebak dan dihadapkan oleh permainan pedagang pengepul yang selalu mendapatkan keuntungan lebih jika dibandingkan dengan petani. Hal ini akibat daro ketidak mampuan petani dalam menguasai dan mengakses informasi pasar, sehingga sulit untuk menentukan harga produknya yang pada akhirnya petani selalu dalam posisi dirugikan.”Selain bertujuan memperkenalkan produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh petani Lombok Tengah, sekaligus sebagai ajang untuk melihat seberapa besar respon masyarakat atau konsumen mencintai dan membeli produk petani secara langsung ditawarkan semakin variatif.

Dengan demikian, melalui ajang pasar tani diharapkan nilai tukar petani menjadi meningkat yang berdampak pada peningkatan pendapatan. Upaya ini juga, dilakukan pemerintah daerah untuk memfasilitasi pemasaran produk pertanian secara langsung yang mempertemukan petani dengan konsumen pembeli. “Dalam pasar tani, berbagai macam produk pertanian ditawarkan mulai dari hasil pertanian ditawarkan mulai dari hasil pertanian tanaman pangan, hortikultura, peternakan maupun perkebunan, baik dalam bentuk hasil olahan dengan harga yang sangat terjangkau, “tungkasnya. (MP)