Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah Peringati Hari Lanjut Usia Nasional ke-23

Ratusan lansia perwakilan masing-masing Puskesmas yang ada di Lombok Tengah, Sabtu (15/9) hadiri acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 yang digelar di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah.

Salah satu rangkaian HLUN yang memukau semua hadirin, adalah puisi yang dibacakan oleh dua orang lansia asal Praya, Ibu Sundi dan lansia asal Puyung Ibu Sukmawati. Puisi yang dibacakan lansia ini beken geregetan seluruh hadirin karena menggambarkan semangat hidup seorang lansia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah H. Omdah, SKM.,MM dalam sambutannya selaku Ketua Panitia menyampaikan, selama kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati saat ini, memiliki dampak peningkatan kesehatan secara umum masyarakat. Hal itu juga berdampak pada usia harapan hidup yang juga semakin baik dan  semakin meningkat.

Diketahui bersama lanjut H. Omdah, saat ini penduduk Lombok Tengah mencapai 1.027.233 jiwa dimana sekitar 86.000 lebih jiwa merupakan lansia. Yang dihdirkan pada acara tersebut hanya sekitar 400 orang saja.

Pada kesempatan itu, H.Omdah juga mengingatkan kepada semua bahwa sejalan dengan makin bertambahnya usia maka aka ada beberapa penyakit yang sama-sama diketahui antara lain penyakit  regenerative hiperti hipertensi, jantung DM dan banyak lagi penyakit lainnya. “Penyakit itu banyak dipengaruhi oleh pola hidup dan perilaku kita yang kita lakukan setiap saat,”katanya.

Untuk itulah lanjut H.Omdah, berbagai program pemerintah untuk merubah pola hidup masyarakat menjadi lebih baik dikucurkan. Salah satunya yakni Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang terdiri dari beberapa item kegiatan. “Diantara yang harus dilakukan adalah makan sayur dan buah, maka setiap harus ada sayur dan buah yang harus dimakan,”imbuhnya.

Berikutnya yang harus dilakukan olahraga. Dimana olahraga ini wajib dilakukan setiap hari selama 30 menit. Caranya tidak mesti harus berolahraga seperti lari atau lainnya, namun bisa dilakukan dengan cara melakukan aktifitas apapun sehingga membuat tubuh bergerak selama 30 menit saja setiap hari. “Selanjutnya periksa kesehtan secara tepat, jadi begitu datang jam 7 pagi tadi para lansia yang hadir ini langsung iperiksa secara gratis disini, “jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri Wildan SIP dalam sambutannya menyampaikan kalau melihat puisi yang telah dibacakan oleh lansia pada acara tersebut, maka seperti pepatah mengatakan tua-tua keladi, tua-tua semakin jadi, tua-tua pohon cemara, tua-tua semakin ceria. “Begitu juga puisi kedua tadi usia boleh tua tetapi semangat tetap muda, “ungkap Wabup awali pidatonya.

Kemudia Wakil Bupati menanggapi pidato yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan yang menyampaikan tentang harus makan buah dan juga olahraga setiap hari. Namun yang menjadi persoalan tandas Wakil Bupati, buah apa yang harus dimakan kalau buah yang dimakan tidak ada dan tak mampu terbeli.

“Nah untuk itu sekarang kita harus merubah semua itu, cukup dizaman kita saja yang tidak bisa makan buah setiap hari, kalau anak cucu kita harus bisa, “imbuhnya.

Caranya lanjut Wakil Bupati, orang tua harus bisa mendidik anak-anak mereka dengan sebaik-baiknya agar selalu patuh dan taat dengan orang tuanya. Karena kencendrungan saat ini kalau tidak pandai mengasuh anak, maka kelak saat dewasa anak-anak tidak akan begitu peduli dan perhatian pada orang tua mereka.

“Coba saja ingat, saat ini begitu anak lelaki kita dapat gaji, langsung diberikan kepada istrinya, sama sekali tidak ingat sama orang tuanya, betul ibu-ibu,”ujar Wabup yang diamini oleh lansia yang hadir.

Tetapi lanjut Wabup semoga hal itu, tidak dilakukan dulu kepada orang tua dari para lansia yang sat itu hadir pada acara tersebut. Sehingga saat ini para orang tua diperlakukan seperti itu oleh anak-anaknya.

Terlepas dari soal perilaku tersebut, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat terus melakukan peningkatan pelayanan kesehatan agar lebih baik. Salah satunya dengan meningkatkan pembangunan fisik dari Puskesmas-Puskesmas yang ada di Lombok Tengah.

Setelah membangun kembali 2 Puskesmas berlantai dua yang ada di Batujai Kecamatan Praya Barat, dan Sengkol Kecamatan Pujut, Pemerintah Kabupaten akan kembali membangun 4 Puskesmas berlantai 2 lagi di Kute Kecamatan Pujut, Puyung Kecamatan Jonggat, Teratak Kecamatan Batukliang Utara di Penujak Kecamatan Praya Barat. “Sementara untuk Puskesmas Praya Timur juga sudah mulai proses pembangunan, “terangnya.

Pemerintah lanjut Wakil Bupati Lombok Tengah akan terus melakukan pengawalan terhadap semua kegiatan dalam rangka mewujudkan kehidupan yang lebih sehat bagi seluruh masyarakatnya. (MP)