Petunjuk Umum Carnaval Putri Mandalika (Biota segare Lauq)2015

3 febMemperhatikan kerangka acuan carnaval Putri Mandalika yang diterbitkan oleh Panitia Core Event Bau Nyale, dan hasil pertemuan technical meeting pada hari Kamis tanggal 22 Januari 2015, dan mencabut Surat Nomor 556/19/Budpar/2015 tanggal 19 Januari 2015 (dinyatakan tidak berlaku), maka beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu/Saudara sebagai berikut :

  1. Carnaval Putri Mandalika antara lain dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta carnaval untuk berkreasi sehingga apa yang dipertunjukkan tergantung dari kreatifitas peserta dengan memperhatikan event dan tema carnaval.
  2. Carnaval yang dilaksanakan adalah dalam rangka core event Bau Nyale dengan Legenda Putri Mandalika, sehingga muatan utama carnaval adalah adanya Putri Mandalika dan Biota Segara Lauq yang dapat ditambah dengan tambahan lainnya terkait dengan Core Event Bau Nyale.
  3. Pada pelaksanaan carnaval agar dihindari pertunjukan yang bernuansa nyongkolan dan / pameran pembangunan .
  4. Setiap regu carnaval berjumlah minimal 100 orang untuk kecamatan, dan 25 orang untuk SKPD / Instansi Vertikal/BUMD/BUMN/Swasta.
  5. Waktu dan tempat.

Carnaval Putri Mandalika (Biota segara Lauq) diselenggarakan pada hari Minggu 8 Pebruari 2015, mulai pukul 14.00 Wita sampai dengan selesai bertempat di Kota Praya dengan rute :

Start dari Becingah Adiguna Praya ke utara – di perempatan belok kanan sampai Batuson – Lampu Merah Belok Kanan sampai masjid Jami’ – Masjid Jami’ belok kanan  sampai dengan perempatan Kodim belok kanan – perempatan wallet belok kanan finis di perempatan Masjid Agung

  1. Ketentuan lain :
  2. Setiap regu membawa spanduk/label nama peserta.
  3. Setiap kecamatan diiringi oleh 1 (satu) Grup Gendang Belek, sedangkan SKPD, Sekolah dan yang lainnya boleh menggunakan : Perered, Kulintang, Tawak-tawak  dan Marawis.
  4. Atraksi Gendang Beleq di depan panggung kehormatan (Depan Kantor Bupati) durasinya maksimal 2 menit.
  5. Sebagai gambaran/ contoh, kostum / ornament karnaval dapat dilihat (download) pada pelaksanaa karnaval di Kabupaten Jember Jawa Timur / karnaval tema biota laut lainnya.
  6. Aspek pokok yang dinilai :
  7. Kesesuaian dengan tema yaitu Biota Segara Lauq (agar bisa terlihat keragaman isi Segara Lauq seperti  Gurita, Lobster, Nyale, Cumi, Ikan hiu, Bintang Laut, Kuda Laut dan lain-lain).
  8. Inovasi dan kreasi seni dan estetika.
  9. Keserasian dan keharmonisannya
  10. Keutuhan dan kekompakan regu dari start sampai finis sesuai dengan jumlah.
  11. Setiap regu menampilkan 1 (satu) orang Putri Mandalika dengan pakaian adat, 2 (dua) orang dayang-dayang pakaian biota laut dan 4 (empat) orang pangeran dengan pakaian biota laut, yang lainnya berpakaian nelayan (pakaian menangkap ikan di laut).