Komisi A DPRD Kabupten Kediri Jatim Kunjungi Loteng

Komisi A DPRD Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lombok Tengah. Rombongan dipimpin oleh Komisi A DPRD setempat, Tri Efendi. Mereka datang untuk mempelajari soal pengawasan legislatif terhadap optimalisasi teknologi informasi. Kedatangan rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Kediri tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Drs. H. L. Supardan, M.M.

Dalam pemaparannya, Sekda menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan DPRD Kediri yang menjadikan Lombok Tengah sebagai tujuan kunjungan kerjanya. Menurut Sekda, Pemda Lombok Tengah memiliki masyarakat yang homogen dengan berbagai etnis dan suku. Mereka memiliki andil yang sangat besar dalam proses pembangunan di Lombok Tengah.

Sesuai dengan Visi Misi pembangunan oleh Bupati H. Moh. Suhaili FT dan Wakil Bupati Drs. H. Lalu Normal Suzana, pembangunan Kabupaten Lombok Tengah dibagi dalam tiga zona pengembangan. Zona Utara dengan pertanian dan Perikanan darat serta kehutanan sebagai andalannya, sedangkan Zona Tengah adalah pusat industri, seni dan budaya serta pemerintahan. Sementara, Zona Selatan adalah pusat pengembangan kawasan pariwisata terpadu. Menurut Sekda, pembagian zona pengembangan itu berdasarkan potensi wilayah itu sendiri.

Di bidang politik, seiring dengan pertumbuhan penduduk Lombok Tengah yang mencapai 1,2 juta jiwa, maka  jumlah anggota DPRD Lombok Tengah pun untuk periode 2014 – 2019 bertambah dari 45 orang menjadi 50 orang. Sementara, di bidang kependudukan, Lombok Tengah memiliki penduduk berdasarkan E-KTP sebanyak 1,2 Juta dengan pertumbuhan pendudukl 1 %. Luas wilayah Lombok Tengah 1,208 km per segi.

Sementara itu, menurut Ketua rombongan yang juga Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kediri, Tri Efendi, luas wilayah Kabupaten Kediri tidak jauh beda dengan luas wilayah Kabupaten Lombok Tengah yakni 1.300 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 1,5 juta jiwa. Jumlah desa dan kelurahannya sebanyak 343 dengan 26 kecamatan.

Di bidang politik, kata Ketua Komisi dari PDI Perjuangan ini, Kabupaten Kediri didominasi oleh PDI Perjuangan dengan 14 kursi, Demokrat 8 kursi, PKB 8 kursi, Gerindra 8 kursi, Pan 4 kursi, PPP, PKS dan PKNU masing-masing 1 kursi. (Bag.humas)