Arah kebijakan umum pembangunan kabupaten Lombok Tengah tahun 2005 – 2010 berdasarkan visi dan misi yang ada , diharapkan dapat mewujudkan 3 (tiga) agenda pembangunan yaitu sebagai berikut :
1 Agenda mewujudkan masyarakat Lombok Tengah yang beriman, bertaqwa, berbudaya luhur dan aman selaras dengan misi mewujudkan Indonesia yang aman dan damai. Untuk mewujudkan agenda ini maka ditetapkan arah kebijakan :
a. Peningkatan rasa saling percaya dan harmonisasi antar kelompok masyarakat; b. Pengembangan kebudayaan yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur; dan c. Peningkatan ketertiban dan penanggulangan kriminalitas.
2. Agenda mewujudkan masyarakat Lombok Tengah yang demokratis dan berkesadaran hukum selaras dengan misi mewujudkan Indonesia yang adil dan demokratis. Untuk mewujudkan agenda ini maka ditetapkan arah kebijakan :
a. Penegakan hukum; b. Penghapusan diskriminasi; dan c. Penghormatan dan pengakuan atas Hak Azasi Manusia.
3 Agenda mewujudkan masyarakat Lombok Tengah yang mandiri, produktif dan sejahtera selaras dengan misi mewujudkan Indonesia yang sejahtera. Untuk mewujudkan agenda ini maka ditetapkan arah kebijakan :
a. Peningkatan Investasi Daerah; b. Peningkatan Daya Saing Industri; c. Peningkatan kemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; d. Revitalisasi Pertanian; e. Pemberdayaan Koperasi dan UKM; f. Penanggulangan kemiskinan; g. Pembangunan Perdesaan; h. Peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang lebih berkualitas; i. Peningkatan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang lebih berkualitas; j. Peningkatan perlindungan dan kesejahteraan sosial; k. Peningkatan kualitas kehidupan dan peran perempuan serta kesejahteraan dan perlindungan anak;l. Pengendalian pertumbuhan penduduk, pembangunan kependudukan dan keluarga kecil berkualitas; m. Peningkatan kualitas kehidupan beragama; n. Perbaikan pengelolaan Sumber Daya Alam dan pelestarian mutu Lingkungan Hidup; o. Percepatan pembangunan Infrastruktur dan pariwisata; p. Peningkatan kapasitas aparatur; q. Perbaikan iklim ketenagakerjaan; dan r. Peningkatan efektivitas pembangunan daerah.
Prioritas pembangunan Kabupaten Lombok Tengah berdasarkan hasil analisis lingkungan strategis yaitu sebagai berikut :
1. Terwujudnya percepatan pembangunan desa-desa tertinggal dengan kebijakan prioritas meliputi :
a. Pembangunan Perdesaan; b. Revitalisasi Pertanian; c. Peningkatan ketertiban dan penanggulangan kriminalitas
2. Terwujudnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dengan kebijakan prioritas meliputi :
a. Peningkatan kapasitas aparatur; b. Penanggulangan kemiskinan; c. Percepatan pembangunan Infrastruktur dan pariwisata; d. Perbaikan pengelolaan Sumber Daya Alam dan pelestarian mutu Lingkungan Hidup;
3. Terwujudnya pelayanan kepada masyarakat yang lebih berkulitas dengan prioritas kebijakan meliputi :
a. Peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang lebih berkualitas; b. Peningkatan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang lebih berkualitas;
4 Terwujudnya kerjasama bisnis dan pemasaran produk meliputi prioritas kebijakan :
a. Peningkatan daya saing industri.
Bupati dan Wakil Bupati
Mandalika Berdzikir
Social-Network