Kemenkominfo RI Gelar Seminar Nasional dan Lokakarya Pembentukan Pandu Digital Kabupaten LOMBOK TENGAH

4 Oktober 2019 administrator 264 kali dibaca

Kemenkominfo RI Gelar Seminar Nasional dan Lokakarya Pembentukan Pandu Digital Kabupaten LOMBOK TENGAH Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggelar Seminar Nasional dan Lokakarya dalam rangka pembentukan pandu digital di Kabupaten Lombok Tengah . Asisten Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah mewakili Bupati H. MOH. SUHAILI, FT, SH. membuka kegiatan tersebut, kamis 3 oktober 2019 di SMKN 1 Praya.

Pembukaan Seminar Nasional oleh Bapak Asisten Administrasi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah.

Staf Sekretariat Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bapak Siswoko menyampaikan bahwa terselenggaranya seminar dan lokarkarya pandu digital ini diharapkan para peserta kedepan mampu memberikan arahan/bimbingan serta dapat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Lombok Tengah tentang bagaimana memanfaakan era digital dengan baik.

“Di Indonesia saat ini telah memasuki era informasi dimana seluruh aspek kehidupan tak terlepas dari penggunaan informasi, sehingga pemanfaatan serta pengelolaan teknologi dibidang informasi dan komunikasi yang baik sangat diperlukan terlebih dalam menghadapi era industri 4.0,” ujarnya.

Foto Bersama Kadis Kominfo Lombok Tengah bersama Panitia Seminar Kominfo RI.

Bupati Lombok Tengah yang diwakili Bapak Asisten Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah Ir. NASRUN MM. berharap dengan diadakannya Seminar Nasional pandu digital ini dapat meningkatkan literasi teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Lombok Tengah dalam upaya memerangi penyebaran informasi hoaks yang marak ditemukan di media sosial. “Saya meminta kepada masyarakat Kabupaten Lombok Tengah untuk selalu waspada dan bijak dalam menerima konten dan berita yang memuat informasi hoaks atau kebohongan,” Karena dengan berkembangnya KEK MANDALIKA dan pembangunan sirkuit motor GP.

Seteleh acara pembukaan dilanjutkan dengan seminar nasional dan lolalarya pandu digital, seminar Nasional dengan materi : Pandu Digital Penggerak Literasi Digital oleh Drs. Sadjan . M.Si. Media Sosial bagi Warga Digital oleh Fajar Eri Dianto, ketua RTIK Indonesia. Strategi Promosi Pariwisata Lombok Tengah di Era Digital oleh Ida Wahyuni, Ketua BPPD Lombok Tengah Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Literasi Digital oleh Muhammad Zarkasi, kepala Dinas Kominfo Lombok Tengah. Dalam memandu seminar tersebut bertindak sebagai moderator bapak Fathul Rakhman.

Foto Peserta Seminar Nasional berjumlah 200 orang terdiri dari KIM Lombok Tengah,RTIK Lombok,Pokdarwis,Karang Taruna, Mahasiswa, Bumdes dan Perwakilan Desa Sekitar KEK mandalika.

Lokakkarya Dgital Ekonomi “ Panduan Internet Untuk Pemberdayaan UMKM oleh Supiandi. SE.M.Ec. Dev. (CEO & Founder Berugak Lombok).Lokakarya Digital Governance ; “ Pedoman Berinternet Aman dan Bertanggung Jawab” oleh Andayani, SE.MM (Wakil Ketua KPID NTB). Lokakarya Digital Content ; “ Menjadi Pewarta Warga Kekinian”Lokakarya Website DEsa :’ Pengenalan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) Oleh Hamdi Narsi (BP2DK Lombok).