Arsip Dokumen Itu Penting

Setiap dokumen apa pun, yang diterbitkan, dikeluarkan dan diterima seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lombok Tengah, wajib diarsipkan, tidak boleh tidak dan tidak boleh tercecer. Karena, sewaktu-waktu pasti dicari dan dimanfaatkan.

“Tolong ini diperhatikan dan dilaksanakan, “seru Wakil Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri, SIP saat menerima kunjungan Kepala Arsip Nasional RI (ANRI) Dr. Mustaril Irawan, di Pendopo Bupati Selasa sore (6/11) lalu.

OPD yang dimaksud yaitu, Satuan Kerja Pelayan Masyarakat (SKPM) lingkup Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa/Kelurahan, lembaga pendidikan hingga lembaga kesehatan. Selain sebagai bahan pertanggungjawab, lanjut Wakil Bupati Lombok Tengah dokumen yang sudah diarsip, dapat digunakan sebagai bahan evaluasi atas program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Artinya, Terang Wakil Bupati sebelum orang lain menilai OPD bersangkutan, maka sebaiknya OPD tersebut menilai diri sendiri. “Sehingga kita bisa melihat, kekurangan dan kelebihan yang kita miliki, “ujarnya.

Selain itu, kata Wakil Bupati dokumen arsip juga, menjadi bahan pembelajaran bagi mereka yang akan menggantikan posisi pejabat atau pegawai lama. Melalui dokumen arsip itu, seorang pejabat atau pegawai baru, dapat dengan cepat penyesuaian diri di tempat tugasnya yang baru.

Sementara itu, Kepala Arsip Nasional RI Dr Mustaril Irawan berharap agar, Pemerintah Kabupaten membuat regulasi tentang arsip. Dengan begitu, tidak ada ruang bagi OPT tidak menjalankannya. “Kalau arsip nya baik, maka pelayanan birokrasinya pun baik, begitu pula sebaliknya, “tambahnya. (Lombok Post)