7 November Pemerintah Buka Pendakian Gunung Rinjani Jalur Aik Berik

Bertempat di ruang Rapat Utama Kantor Bupati Lombok Tengah, Pemerintah setempat bersama pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menggelar rapat koordinasi terkait persiapan pembukaan jalur pendakian gunung rinjani melalui Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara. Dimana sebelumnya jalur yang sudah ada ini sempat tak diminati sehingga saat ini akan menjadi jalur utama pendakian ke gunung Rinjani.

Rencananya, jalur ini akan dibuka secara resmi pada tanggal 7 November mendatang dilakukan setelah pihak TNGR melakukan kajian terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa itu. Hasilnya, sampai dengan saat ini hanya jalur yang di Desa Aik Berik yang dinyatakan aman untuk para penggemar gunung.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono menyampaikan, bahwa jalur pendakian Aik Berik merupakan satu dari empat jalur pendakian yang resmi yang selama ini sering digunakan bagi para pendaki menuju puncak gunung rinjani.

Sementara tiga jalur yang masih bisa dibuka sampai dengan saat ini diantaranya jalur limbanuh, jalur sembalun Lombok Timur dan jalur Senaru di Lombok Utara. Hal itu berdasarkan hasil investigasi yang kita lakukan mulai dari tiga hari setelah terjadinya gempa beberapa waktu lalu, ungkap Sudiyono saat menggelar rapat Koordinasi (Rakor) di Pemerintah Lombok Tengah, Kamis kemarin (1/11).

Lebih jauh disampaikan, tuga jalur lainnya sampai dengan saat ini belum bisa digunakan karena memang mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa tersebut, bahkan untuk jalur Aik Berik meskipun sudah dibuka pada 7 November mendatang tapi tidak bisa langsung ke segara anak.

“Kita melakukan pemantauan langsung dan memutuskan hanya jalur di Aik Berik yang saat ini aman untuk jalur pendakian. Karena memang jalur lain mengalami kerusakan yang cukup parah akibat terjadinya longsor, sehingga akan sangat berbahaya jika dibuka untuk jalur lain, “tegasnya.

Lebih jauh disampaikan, kelebihan yang ada dijalur pendakian Aik Berik adalah berbagai pemandangan alam yang masih alami didukung dengan pepohonan yang masih lebat sepanjang perjalanan, bahkan kita bisa melihat secara langsung satwa liar yang masih tetap lestari. “Bahkan ada juga air terjun benang stokel yang bisa menarik minat para wisatawan, “ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya berharap kepada Pemerintah Daerah Lombok Tengah untuk memberikan dukungan yang maksimal, terutama agar kedepan para wisatawan dan pelaku usaha yang menggantungkan nasip mereka digunung bisa kembali bangkit setelah mengalami keperpurukan akibat dari bendacana gempa itu.

“Karena memang kita akui jika selama ini jaluir pendakian dari Aik Berik itu jarang dikethui. Kita berharap dengan dibukanya ini membuat wisatawan akan bertambah banyak lewat jalur itu. Kita juga akan terus melakukan pemantauan untuk perkembangan jalur lainnya, “tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupatu H. Lalu Pathul Bahri Wildan, SIP menyampaian bahwa dengan akan dibukanya jalur penadkian Aik Berik tersebut, kedepan diharapkan bisa tambah mendukung kemajuan pariwisata. Sehingga jika pariwisata maju, maka secara otomatis menjadikan perekonomian masyarakat bisa semakin meningkat.

Kita dari Pemerintah daerah juga akan terus memberikan dukungan untuk memajukan sector pariwisata ini. Berbagai fasilitas pendukung juga akan terus kita berikan untuk membuat para wisatawan banyak berdatangan, karena memang capai PAD kita selama ini yang semakin membaik tidak terlpas dari sumbangsih sector pariwisatanya, “ungkapnya.