Dipakai Marathon Jalur Kuta – Awang Ditutup

Ruas jalan Kuta hingga Awang. Pujut akan ditutup pada Minggu 4 Nopvember. Pasalnya, dilakukan kegiatan lari marathon tingkat dunia dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 yang dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah. “Mulai pukul 05.30 jalan sudah ditutup, karena kegiatan akan dimulai pukul 06.00 wita. “Ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah. H.Lalu Putria disela-sela rapat teknis persiapan menyambut kegiatan lari Marathon di ruangannya, Selasa (9/10).

Adapun pengalihan arus lalu lintas menuju ke lokasi start di Senek Kuta, dilakukan dari bundaran pertama masuk Kuta lurus kea rah pasar Kuta, kemudian belok kiri melalui jalur pesisir pantai. “Pokoknya bagi yang telat, hanya bisa menonton di areal pasar seni, “jelasnya.

Kemudian, persiapan yang dilakukan menyambut kegiatan dari Marathon, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah atraksi, seperti peresean, gendang beleq dan gamelan. Untuk gendang beleq telah disiapkan 8  gendang beleq, yang akan ditempatkan di delapan titik jalur yang akan dilintasi pelari. “Hal ini bisa menjadi tampilan yang akan menghibur peserta di Marathon,”terangnya.

Dijelaskan Putria, lomba lari marathon akan memperebutkan hadiah sebesar Rp. 10 miliar, meliputi lomba lari 5 km, 10 km, 21 km dan 42 km. dimana, 42 km ini kata Putria, peserta akan berlari dair Kuta hingga Awang dan balik lagi dari Awang ke Kuta yang menjadi finisnya. “Rencana kegiatan ini akan dibuka Bapak Presiden, Joko Widodo beserta sejumlah Menteri dan Panglima TNI, “ucapnya.

Sementara, lomba itu akan diikuti oleh pelari dunia. Sehingga, ini menjadi tantangan bagi kita untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Apalagi kita ketempatan lokasi. “Semoga kegiatan ini juga menjadi ajang pembuktian bahwa Lombok Bangkit, aman dan nyaman dikunjungi, “tungkasnya.