Ulama Lombok Tengah Tolak Perubahan Nama BIL

Ulama Lombok Tengah ikut angkat bicara soal pergantian nama. Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Bandar Udara Internasional Zainudin Abdul Majid.

TGH Ma’rif Makmun Diranse mengatakan, nama BIL sudah pas untuk bandara yang ada saat ini. Karena pemberian nama BIL tidak terlepas dari kata Lombok, yang maknanya lurus dan kata itu juga yang bisa mempersatukan umat khususnya Lombok dan NTB pada umumnya. “ungkap pengasuh Pondok Pesantren Manhalul Ma’arif di Darek, Jum’at (7/9).

Dengan adanya perubahan nama, ia dengan tegas menolaknya. Artinya, ia bukan tidak setuju dengan pemberian nama baru, yakni TGKH Zainudin Abdul Majis tapi alangkah baik dan bagusnya nama BIL sudah melekat dan terkenal hingga di kancah Internasional. “Saya berharap pemerintah pusat terketuk hatinya untuk membatalkan SK tersebut, “kata Ma’arif Makmun yang juga selaku Ketua Baznas Lombok Tengah.

Kemudian, terkait dengan persoalan ini, ia akan segera melakukan pertemuan dengan sejumlah ulama (Tuan Guru) se-Lombok Tengah. Pertemuan itu nanti menyikapi persoalan yang terjadi dan melanda Lombok, seperti yang terjadi di bandara saat ini. “Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan mengundang ulama yang ada di Lombok Tengah, “terangnya.

Selain, itu yang harus diingat sejarah beradanya BIL. Dimana, ketika itu ia juga sebagai pelaku sejarah. Ketika itu ia yang memimpin istigosah bersama sejumlah ulama ditengah-tengah keributan hingga mengakibatkan petumpahan darah, yang disebabkan penolakan atas keberadaan bandara.

Untuk itu, ia tidak ingin melihat lagi adanya keributan di bandara ini. Jadi, pemerintah pusat harus cepat dan tegas mencabut SK Menteri Perhubungan RI tersebut. Apalagi, saat ini sudah terlihat adanya gejolak di masyarakat. “Intinya nama BIL sudah mantap dan jangan dirubah lagi, “tegasnya.

Bentuk penolakan yang ditunjukkan TGH Ma’arif Makmun, ia pun ikut melakukan penandatanganan diatas spanduk yang panjangnya 100 meter di lingkar BIL. “Penandatanganan yangsaya lakukan ini bentuk ketidaksetujuannya atas perubahan nama BIL tungkasnya.