Kondisi Terkini Penanggulangan Bencana Terus Dilaporkan ke Pusat

Kondisi terkini penanggulangan bencana di Lombok Tengah akan dilaporkan kepihak BNPB Pusat. Termasuk adanya warga yang telah memperbaiki rumahnya terlebih dahulu sebelum bantuan diberikan. Demikian disampaikan Dekda Lombok Tengah HM. Nursiah, S.Sos., M.Si, rabu (5/8) di Kamtor Bupati.

Mekanisme bantuan bagi masyarakat yang telah lebih dahulu memperbaiki rumahnya sebelum bantuan diberikan hingga saat ini belum diketahui, untuk itu Pemerintah Kabupaten akan melaporkan setiap perkembangan yang terjadi dalam penanggulangan akibat bencana tersebut.”Kita memang sudah mendapatkan informasi tentang adanya masyarakat yang mampu memperbaiki kerusakan rumah mereka, “katanya.

Tentang bagaimana menindak lanjuti adanya masyarakat yang mampu itu akan dilaporkan ke BNPB pusat, termasuk apakah akan diberikan bantuan atau tidak. Karena semua kewenangan terkait dengan penggunaan dana bantuan dari BNPB harus dikoordinasikan dengan BNPB sendiri selaku lembaga pemberi bantuan. “Apalagi bantuan dana tersebut terbatas sehingga harus benar-benar cermat dan tepat sasaran,”imbuhnya.

Sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh pusat lanjut Sekda, jumlah bantuan diberikan sesuai dengan kondisi kerusakan rumah akibat genana gempa tersebut. Kerusakan itu telah digolongkan menjadi 3 kategori antara lain, kerusakan ringan, sedang dan berat. “Untuk yang rusak ringan Rp. 10 juta, rusak sedang Rp. 25 juta dan rusak berat sebesar Rp. 50 juta,”terangnya.

Mekanisme penyaluran, bahwa seluruh korban didata dan ditentukan jenis kerusakannya, barulah didata nama dan alamatnya kemudian dibuatkan rekening untuk menerima bantuan tersebut. Dana bantuan kemudian ditransfer ke rekening para penerima bantuan. Mekanisme itu, jelas dilakukan agar bantuan dana untuk perbaiki rumah tersebut tepat sasaran dan mencegah terjadinya penyalahgunaan. (MP)