Bupati Lombok Tengah Ajak Masyarakat Sukseskan Kegiatan HUT ke – 73 TNI

Bupati Lombok Tengah mengajak masyarakat Lombok Tengah sukseskan kegiatan Lomba Lari Marathon dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke – 73 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok. Seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab), juga diminta untuk mendukung kegiatan tersebut dengan menyiapkan berbagai fasilitas yang diperlukan oleh panitia.

Bupati, HM. Suhaili FT, SH dihadapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Lombok Tengah, Jumat (13/7) lalu menyatakan, kegiatan olah raga yang dilakukan Pemkab dengan melakukan jalan kaki sepanjang 5 kilo meter di Kuta Mandalika tersebut untuk menjajal dan melihat kondisi salah satu jalur atas lomba lari marathon tersebut. “Sedangkan lomba lari marathon dilakukan, kita yang mencobanya dulu pagi ini dengan berjalan kaki, “ujarnya.

Sebagai wilayah yang ketempatan dengan pelaksanaan kegiatan Lomba Lari Marathon dengan hadiah terbesar didunia tersebut, Bupati menyatakan kalau sepuruh masyarakat Lombok Tengah harus bersiap menjadikan peristiwa tersebut sebagai moment terbaik. Karena lebih dari 10 ribu orang akan berdatangan ke Lombok Tengah, baik sebagai peserta dan juga sebagai penonton atas peristiwa akbar tersebut. Mereka datang kesini tidak dengan tangan kosong, namun dengan membawa juga uang mereka untuk dibelanjakan didaerah kita,”tandasnya.

Seperti yang disampaikan oleh Panitia lanjut Bupati, para peserta nantinya akan butuh makanan dan minuman. Apalagi kalau bicara soal makanan, para peserta akan mencari sesuatu yang khas di Lombok Tengah pada khususnya. Untuk itu berbagai macam kreatifitas warga Lombok Tengah dalam menciptakan makanan khas tradisional dan juga aneka kerajinan tangan harus bisa ditawarkan pada 10 ribu orang yang akan datang tersebut. “Lapak-lapak jualan di The Bazar Mandalika sedang disiapkan olej Itdc. Dinas Instansi terkait harus mempersiapkan masyarakat dari sekarang,”katanya.

Selain itu, Bupati mengingatkan kepada seluruh keluarga Lombok Tengah, terutama bagi mereka yanh keluarganya saat ini mengalami sakit seperti katarak, hernia dan penyakit lainnya, untuk segera didaftarkan untuk mendapatkan pengobatan gratis dalam kegiatan Bhakti Sosial yang juga dilaksanakan dalam rangka  HUT TNI ke – 73 tersebut. Karena pada saat kegiatan itu digelar, sebuah rumah sakit terapung berupa kapal-kapal milik TNI akan disiapkan disekitar pantai bagi selatang untuk melayani pengobatan gratis untuk 10 ribu warga.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Lombok Tengah, Drs. H. Lalu Herdan.,M.Si Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, terus melakukan berbagai persiapan untuk mendukung perhelatan tingkat dunia Lari Marathon dalam rangka HUT TNI ke – 73 di Kuta Lombok Tengah. “Event dunia tersebut, diminta tidak disiasiakan oleh para atlit atletik yang ada di Lombok Tengah dan NTB kata Kabag Humas.

Ada katagori lomba lari marathon yang akan digelar pada awal bulan September mendatang antara lain Lomba Lari Marathon 5 kilo meter, 20 kilometer, 37 kilometer dan 42 kilometer. Untuk keterangan lebih jelas, bisa membuka laman resmi kegiatan www.tnimarathon.go.id. Dengan mendaftar, maka peserta bisa mendapatkan berbagai fasilitas seperti baju, sepatu dan juga snack dan lain-lain.

Dengan hadial total Rp. 13 miliar, menjadikan Lomba Lari Marathon dalam rangka HUT TNI ke – 73 tersebut sebagai lomba terbesar didunia yang pernah digelar. Apalagi dengan target peserta  10 ribu orang, maka kegiatan tersebut bukan kegiatan seperti biasanya, namun kegiatan itu sangat spektakuler maka sangat penting untuk mempersiapkan dari sekarang bersama panitia yang ada dalam hal ini pihak TNI. “Untuk satu Kodam saja akan dikerahkan sekita 500 lebih prajurit TNI untuk ikut menjaddi peserta pada Lomba ini,” ungkpanya.

Rapat-rapat untuk mempersiapkan kegiatan tersebut lanjut Kabag, masih akan terus dilakukan. Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Pemkab membentuk panitia local khususnya untuk menangani berbagai macam kendala terutama soal jalur Lomba Lari Marathon yang dinilai tidak layak agar segera diperbaiki oleh dinas instansi terkait. “Selain lomba lari marathon, kegiatan lainnya yang akan digelar yakni Bhakti Sosial pengobatan Gratis bagi 10 ribu warga, pameran alusista, terjun paying dan pertunjukan pesawat udara atau aerobatic show dari TNI AU, “kata Kabag.