Indonesian Nasional Armed Force The Mandalika Internasional Marathon Digelar di Lombok Tengah

Sebuah kegiatan bertaraf Internasional bakal digelar di Pariwisata the Mandalika Kuta Lombok Tengah. Kegiatan mwerupakan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 73 TNI berupa Lari Marathon tingkat Internasional. Hal tersebut terungkap dalam rapat yang digelar pihak terkait, Selasa (2/7) di Kantor Itdc Kuta Lombok Tengah.

Rapat yang dihadiri oleh pejabat Mabes TNI dan jajaran, Diskusi Itdc dan jajaran serta anggota Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopinda) serta sejumlah pihak lainnya yang akan terlibat dalam perhelatan tersebut, memaparkan berbagai macam persiapan yang saat ini mulai dilakukan untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Pimpinan rapat, Aster Panglima TNI, Mayor Jenderal Kustanto Widyatmoko berharap agara kegiatan HUT TNI yang tahun ini dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut, bisa menjadi momentum bagi masyarakat NTB untuk tumbuh kembangkan rasa memiliki kawasan dengan ikut mensukseskan kegiatan tersebut. “Karena dari target peserta saja sudah sepuluh ribu orang yang akan hadir pada lomba lari ini. Belum lagi penonton yang juga mau hadir untuk menonton acara, “katanya.

Untuk itu, kegiatan tersebut lanjut Kustanto bisa menjadi salah satu peluang bagi masyarakat setempat untuk mengais rezeki. Karena ribuan peserta lari yang akan ikut pada event tersebut merupakan peserta yang nantinya akan membawa uang dan berbelanja ke lokasi acara.

“Bayangkan saja, untuk kegiatan ini saja perputaran uang yang kami bawa ke Lombok mencapai sekitar Rp. 20 miliar,”ungkapnya.

Diharapkan, masyarakat atau pemerintah bisa menyiapkan lapak-lapak jualan, baik makanan khas dan berbagai kebutuhan lain yang bisa jadi dibutuhkan oleh para peserta yang nantinya diperkirakan berasal dari 20 negara.

Karena lomba lari marathon tersebut, merupakan lomba lari dengan hadiah terbesar didunia yang saat ini pernah gelar yakni hamper mencapai Rp. 11 miliar yang rencananya akan diberi nama the  Indonesian Nasional Armed Force The Mandalika Internasional Marathon. Dengan kategori 42 km, 21 km, 10 km dan 5 km. Dengan pendaftaran berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 400.000,- sesuai dengan masing-masing kategori peserta.

Aster Panglima TNI, Kustanto lebih jauh menyampaikan, kalau Lombok tepatnya di The Mandalika Kuta merupakan pusat kegiatan HUT TNI ke 73 tersebut, karena didaerah lain dilkakukan hanya dengan upacara bendera seperti biasa saja. Dengan hadirnya Panglima untuk  TNI beberapa waktu lalu, memungkinkan Panglima untuk hadir pada acara tersebut. “Tetapi kami memang tidak bisa menjanjikan kehadrian Bapak Presiden ini, “imbuhnya.

Dalam rapat tersebut, dibahas terkait berbagai persiapan terutama terkait berbagai persiapan terutama terkait dengan rute lomba lari. Salah satunya yang menjadi persoalan adanya jalan yang sudah dihotmix mengalami kerusakan dibebarapa titik. Terutama jalan yang menjadi rute untuk kategori 42 km yang jalurnya sampai keluar kawasan KEK Mandalika. (MP)