Plt. Bupati dan Sekda Gelar Halal Bihalal Lebaran Topat Dipusatkan di Mushalla Kantor Bupati Loteng

Hari Pertama masuk paska liburan lebaran, puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Lombok Tengah lakukan halal bihalal di halaman Kantor Bupati Lombok Tengah. Plt. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, SIP bersama Sekda. HM. Nursiah, S.Sos,. M.Si langsung memimpin halal bihalal tersebut.

Dalam sambutannya usai gelaran halal bihalal tersebut, Plt. Bupati Lombok Tengah secara pribadi dengan kerendahan hati menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh pegawai atas kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja dilakukan selama ini.”Semoga kita semua saat ini kembali dalam keadaan fitrah seperti bayi yang baru lahir  tanpa dosa. Insya Allah, amin, “ katanya.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri juga menghimbau, kepada seluruh ASN lingkup Lombok Tengah untuk mengajak seluruh keluarganya yang sudah memiliki hak pilih pada Pilkada Gubernur tanggal 27 Juni 2018 untuk menggunakan hak pilihnya sehingga jangan sampai golput. “Memilih pemimpin itu wajib hukumnya, untuk itu mari kita gunakan hak pilih karena satu suara itu sangat berarti, “ungkapnya.

Selain itu Plt juga menghimbau agar masyarakat dalam melaksanakan pencoblosan nanti untuk menjaga suasana ketertiban dilingkungan masing-masing dan selalu waspada sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, usai halal bihalal, Sekda Lombok Tengah HM. Nursih, S.Sos,. M.Si ditempat terpisah menyampaikan, pada hari pertama tersebut 99 persen ASN lingkup Setda masuk semua. Karena pada hari itu dan seterusnya tidak ada pegwai yang cuti karena telah melakukan cuti bersama. “Namun untuk kehadiran keseluruhannya termasuk yang di OPD-OPD.

Bila ada pegawai yang ternyata menambah masa liburannya tanpa alasan yang jelas dan masuk kreteria sesuai dengan aturan yang ada, maka akan diberikan sanksi administrative sesuai dengan aturan yang ada. “Buat yang hanya sekedar masuk dan kemudian pulang juga akan dicek dan didata dan kita akan berikan teguran lisan dan hingga teguran tertulis.

Sekda tegaskan, tidak ada alasan lagi bagi pegawai untuk bermalas-malasan hingga harus menambah masa liburannya. Karena libur yang diberikan pemerintah sudah cukup lama dan telah memiliki banyak waktu untuk bersama keluarga.

Sementara itu, untuk lebarab ketupat sendiri, yang jatuh pada hari Jumat kemarin, Pemda Lombok Tengah memusatkan acaranya di Mushalla Kantot Bupati secara sederhana dengan menggelar acara pembacaan yasin, zikir dan doa.

Pada tahun-tahun sebelumnya, lebaran Topat di Lombok Tengah biasanya di meriahkan dengan hiburan rakyat seperti music dan Lomba-lomba yang dilakukan sebagai hiburan masyarakat. Namun, untuk tahun ini diisi dengan kegiatan zikir dan doa.

Menurut Plt. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, SIP mengatakan tujuan legiatan Lebaran Topat yang dilaksanakan ini untuk memperkuat tali silaturrahim antar semua jajaran pemerintah di Kabupaten Lombok Tengah, selain meminta semua pihak bekerja sama untuk menjaga kamtibmas, mengingat dalam satu mingggu kedepan akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat. “Semua pihak harus bekerjasama untuk menciptakan situasi keamanan yang kondusif pada Pilkada NTB tanggal 27 Juni 2018.

Lebih lanjut diungkapkannya, lebaran ketupat kali ini hajatan utamanya untuk memupuk semangat persaudaraan, persatuan dan jalinan silaturrahim antara pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Lombok Tengah. Untuk itulah pihaknya tahun ini melaksanakan perayaan Lebaran Topat dengan zikir dan doa untuk mewujudkan Lombok Tengah Bersatu (Beriman, Sejahtera dan Bermutu). “Mari kita bersatu untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Lombok Tengah, “ungkapnya. (MP)