Safari Silaturrahmi Ramadhan Pemda Kab. Lombok Tengah di gelar di Masjid Nurul Huda Lemerek Desa Puyung

Sekretaris Desa Puyung dalam kata penerimaannya mengatakan bahwa menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas kedatangannya melaksanakan Safari Silaturrahmi Ramadhan yang berbeda nuansanya dengan tahun sebelumnya yang dipusatkan disatu tempat.

Safari Ramadhan yabg rutin kita selenggarakan setiap memasuki bulan puasa, dihajatkan untuk makin mempererat tali silaturrahmi antara jajaran pelayanan masyarakat Kabupaten Lombok Tengah dengan masyarakat yang dilayaninya. Disamping itu tentunya juga untuk mendekatkan serta mendapatkan berbagai masukan dan informasi dari masyarakat serta melihat secara langsung kondisi masyarakat sehingga nantinya menjadi bahan kajian untuk pelaksanaan program kegiatan masing-masing OPD Kabupaten. Kegiatan Safari Ranadhan 1439 H Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah kali ini nuansanya berbeda dari kegiatan serupa beberap tahun terakhir jika pada tahun yang lalu kegiatannya berpusat di Kecamatan maka pada tahun ini tersebar disemua desa se-Kabupaten Lombok Tengah untuk itu pada kegiatan Safari tahun ini formatnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, semua Pimpinan Eselon 2 dan 3 disebar ke semua desa se-Kabupaten Lombok Tengah, sehingga setiap pelaksanaan safari semua desa di Kecamatan tersebut dikunjungi oleh Tim Kabupaten. Demikian Sambutan tertulis Plt. Bupati Lombok Tengah yang dibacakan Kepala Dinas PP PA dan KB Drs. H. Muliardi Yunus selaku Ketua Tim Safari Silaturrahmi Ramadhan 1439 H di Masjid Nurul Huda Lemerek Desa Puyung, Rabu (30/5) 2018.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah dibawah kepemimpinan Bapak HM. Suhaili FT telah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan diberbagai bidang, upaya tersebut telah menampakkan hasil atau kemajuan dan telah kita rasakan dan nikmati bersama. Bukan untuk menyombongkan diri ataupun untuk pamer serta gagah-gagahan, akan tetapi peril kita ketahui bersama bahwa apa yang kita rencanakan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) maupun dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) telah sesuai dengan treknya/jalurnya. Seiring berjalan waktu, Pemerintah terus berupaya meningkatkan pembangunan melakukan terobosan di segala bidang, dari berbagai upaya yang sudah dilakukan tersebut, hasil sudah bida kita rasakan bersama. Apabila kita membandingkan kondisi 5 tahun yang lalu dengan kondisi saat ini, banyak kemajuan dan prestasi yang sudah kita raih dirasakan manfaatnya antara lain : Pembangunan Infrastruktur jalan Kabupaten yang tadinya jalan dalam kondisi mantap hanya 30 % meningkat saat ini menjadi 65 %. Untuk menyelesaikan seluruh ruas jalan Kabupaten menjadi mantap terus kita lakukan tahun ini dan seterusnya pada tahun 2019 kita akan mendapat hibah nasional sebesar 150 milyar. Produksi pertanian terus mengalami peningkatan bahkan setiap tahunnya melampaui target yang telah ditetapkan oleh pemerintah. APBD kita 10 tahun lalu hanya sebesar 800 milyar, sedangkan saat ini sudah hamper mencapai 2 Triliyun. Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita 10 tahun yang lalu hanya pada kisaran dibawah 50 milyar, kini sudah mencapai 180 milyar. Seiring peningkatan PAD dan APBD ini maka perhatian kita terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat terus diupayakan, perhatian kepada marbot masjid sudah kita berikan insentif, kader-kader Posyandu, Guru-guru Honorer semua kita perhatikan. Tidak menutup kemungkinan para Tuan Guru dan semua Guru Ngaji juga kita akan berikan insentif karena peran sertanya dalam membangun dan membina anak-anak kita dalam bidang keagamaan.

masih dalam sambutan Plt Bupati Lombok Tengah disampaikan pula bahwa Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sedang dalam tahap konstruksi, beberapa hotel kelas dunia sedang dibangun antara lain Pulman dengan investasi senilai 585 Milyar, Paramount 500 Milyar, Royal Tulip 400 Milyar berikutnya juga akan segera dibangun Hotel Mercure dengan investasi senilai 350 milyar, Aloft dengan investasi senilai 70 milyar, X2 (x Two) dengan investasi senilai 400 milyar, Clubmed 762 milyar, Shasha yang akan membangun kompleks muslim dengan investasi senilai 1,7 Trilyun dan beberapa hotel lainnya serta Sirkuit Motor GP dengan investasi senilai 7,4 Trilyun Rupiah. Total investasi yang sudah ditanda tangani senilai lebih dari 13,5 Trilyun Rupiah. Dampak dari keberadaan KEK ini adalah sangat luas pada saat pembangunan konstruksi sekarang ini menyerap ribuan tenaga kerja demikian juga pada tahap operasional nanti akan dapat menyerap puluhan ribu tenaga kerja bidang perhotelan serta komoditas pertanian dan holtikultura multi player efek dari kepariwisataan akan mendongkrak semua sector/bidang lain untuk tumbuh dan berkembang. Pembangunan Infrastruktur dasar bagi kepentingan masyarakat berupa sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan terus dilakukan sekolah, ruma sakit, puskesmas ditingkatkan dan dipercantik agar dapat melayani masyarakat secara prima. Demikian juga sarana perekonomian berupa pasar juga dibenahi. Tingkat perekomian daerah dan masyarakat tumbuh cukup signifikan dintandai dengan pertumbuhan PDRB dan laju pertumbuhan ekonomi yang berada diatas rata-rata provinsi setiap tahunnya.

Masih dalam sambutan Plt. Bupati Lombok Tengah ditambahkan bahwa Kota Praya sebagai ibu kota Kabupaten juga dilakukan pembenahan dan dipercantik, akses masuk kota Praya dari arah Puyung dan Batujai sudah dua jalur, sedangkan dari arah timur (Biao) sedang dalam tahap pengerjaan, Insya Allah berikutnya dari arah utara akan kita upayakan disamping itu juga dengan memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) dibeberapa titik sebagai sarana bermain dan olah raga bagi masyarakat. Guna mendukung keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) juga akan dibangun jalur By Pass dari Bandara ke kawasan KEK sepanjang 17,2 km dengan lebar 100 meter. Juga penyiapan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Bidang Pariwisata, melalui usaha, perjuangan dan do’a kita semua dibangunlah Politekhnik Pariwisata Negeri Lombok dengan biaya 1,2 Trilyun disebelah barat IPDN. Kampus Poltekpar Lombok ini merupakan Kampus termegah dan terindah di Indonesia bagian timur. Sebagai salah satu dari gerakan percepatan penurunan angka kemiskinan, dan merupakan salah satu terobosan dari kepemimpinan HM. Suhali FT yaitu pembangunan berbasis Rumah Ibadah (Masjid) maka kami akan turunkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membina kelembagaan atau pengurus masjid yang salah satunya adalah memastikan atau menemukenali penduduk miskin untuk menjadi mukim masjid serta mendapat pembinaan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Selanjutnya dengan pencapaian yang sudah kita raih diatas tidak lantas membuat kita berpuas diri dan berbangga, karena masih banyak hal-hal yang harus kita lakukan untuk mengejar ketertinggalan kita dari daerah lain yang sudah maju, untuk itulah melalui kesempatan yang baik ini kami mengajak kita semua untuk bersatu padu, saling bahu membahu dan berpartisipasi sesuai dengan kemampuan dan posisi kita untuk memberikan yang terbaik untuk Lombok Tengah tercinta, segala upaya yang kita lakukan juga akan semakin cepat pencapaiannya apabila terkorelasi dan terkoneksi dengan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mengingat beberapa hari terakhir ini marak pemberitaan terkait aksi teror yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab di beberapa daerah lain, kita semua diminta kewaspadaannya apabila ada orang asing yang masuk kedaerah kita dan mempunyai gelagat yang tidak biasa atau mencurigakan agar segera dilaporkan kepada pihak aparat berwajib. setiap tamu yang berkunjung atau menginap lebih dari 24 jam harus dilaporkan kepada RT/RW, Kadus/Kaling. juga aktifkan kembali Ronda dan Siskamling disetiap dusun/lingkungan dengan memanfaatkan masjid sebagai posko. dengan demikian selain masjid berfungsi sebagai sarana ibadah juga berfungsi social kemasyarakatan, keberadaan Badan Keamanan Desa/Kelurahan harus dimaksimalkan untuk bersinergi dengan petugas yang ada di desa yaitu Babinsa, Babinkamtibmas dan Pol PP didukung oleh semua masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing. jika hal ini dapat dijalankan dengan baik maka keamanan dan kenyamanan serta ketentraman dalam masyarakat dapat diwujudkan.

Disamapikan pula bahwa kepada semua masyarakat yang sudah memiliki hal pilih dan sudah masuk dalam daftar pemilih tetap untuk menggunakan hak suaranya nanti pada pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur/Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat pada tanggal 27 Juni 2018, pilihan anda dan kita semua sangat menentukan arah pembangunan Nusa Tenggara Barat ke depan, semoga Nusa Tenggara Barat semakin maju dan sejahtera. demikain pula semoga kita semua dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan baik, aman dan lancar sampai akhir Ramadhan dan kita menjadi insane-insan yang bertaqwa untuk mewujudkan masyarakat Lombok Tengah yang beriman Sejahtera dan Bermutu.