GERAKAN INDONESIA SADAR ADMINISTRASI (GISA) DI LAUNCGING DI LOMBOK TENGAH.

Performa Tari Penginang Penampik yang dimainkan Siswi SMAN 2 Praya, prosesi Launchin Gerakan Indonesia Sadar Administrasi ataun(GISA), Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Plt. Bupati Lombok Tengah dan Bupati serta Wali Kota se-NTB serta puluhan tamu undangan lainnya, para penari dengan anggun memainkan tariannya hingga selesai. Acara yang digelar di Bencingah Adiguna Alun-Alun Tastura Praya Lombok Tengah, juga dihadiri ratusan masyarakat.

Ketua Panitia Launching GISA, Kadis DPMD dan Dukcapil Provinsi NTB, Dr. Azhar, SH.,MH menyampaikan dalam pidatonya, apa yang digelar pada saat itu merupakan launching GISA untuk tingkat provinsi NTB. Sasarannya yakni seluruh penduduk NTB maupun juga penduduk luar NTB, khususbya untuk semua masyarakat desa yang ada di Lombok Tengah dan NTB pada umumnya.

Launching GISA tersebut ditandai dengan dibukanya pelayanan pembuatan Adminduk secara gratis selama 3 hari berturut-turut di lokasi kegiatan, dimana pelayanan pembuatan adminduk dilakukan dengan pelayanan sehari selesai.” Pelayanan dimulai dari Senin ini hingga Rabu tanggal 16 Mei ditempat acara ini  berlangsung. Jadi silahkan warga masyarakat ajak masyarakat lain untuk bikin KTP elektronik disini,”himabunya.

Pada kesempatan itu, tak lupa disampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Dinas Dukcapil Kabupaten dan Kota Se-NTB yang pada kesempatan itu hadir dalam acara tersebut, ikut membantu dalam pelayanan pembuatan Adminduk pada acara tersebut. “Adapun anggaran kegiatan ini tidak ada dalam DPA kami, ini merupakan bentuk sinergitas kami dengan seluruh Dukcapil untuk urun rembuk,”katanya.

Adapun Plt. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, SIP menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Dirjen Dukcapil dan pihak Provinsi NTB yang telah menggelar acara tersebut di Lombok Tengah. Begitu juga atas kehadiran Bupati dan Wali Kota se-NTB beserta Kepala Dinas Dukcapil Kabupatan dan Kota se-NTB serta puluhan tamu undangan yang hadir.

Terkait kondisi kekinian soal Adminduk di Lombok Tengah, Plt. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, SIP menyampaikan masyarakat yang wajib KTP di Lombok Tengah disebutkan sejumlah perekaman yaitu sebanyak 659.283 jiwa. sementara yang belum perekaman sebanyak 9.363 jiwa. Adapun e-KTP yang telah dicetak oleh pusat sebanyak 439851 buah dan yang dicetak di Lombok Tengah sebanyak 18.937 e-KTP.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pemkab Lombok Tengah lanjut Plt. Bupati Lalu Pathl Bahri, melakukan pembuatan e-KTP dengan cara berkeliling ke 136 Desa dan 1.363 kampung yang tersebar di desa-desa tersebut. Dimana jumlah penduduk Lombok Tengah terbanyak kedua setelah Lombok Timur.”Kendala yang kerap kami alami alat rusak, namun beberapa tahun terakhir kami telah melakukan pengadaan dan cukup mendongkrak pembuatan e-KTP kami, “jelasnya.

Sementara itu, Asisten Tata Pemerintah dan Kesra NTB. H Muhammad Agus Patria, SH.,MH menyampaikan rasa optimisnya terhadap suksesnya acara tersebut. Karena gerakan itu merupakan bentuk kampanye kepada masyarakat akan pentingnya Adminduk.”Dengan adanya kebersamaan dan kekompakan seperti ini, saya yakin kegiatan ini akan sukses.

ASN dalam hal ini yang bekerja di Dukcapil sebagai aparat pemerintah sudah seharusnya hanya bekerja sesuai dengan regulasi yang ada.” sadar dengan kewenangan, artinya sadar membantu masyarakat untuk memiliki e-KTP saat ini tak bisa berikan bantuan kepada masyarakat yang tak punya e-KTP, ini mneyatakan betapa pentingnya Adminduk ini.