Yang Baru di Festival Pesona Bau Nyale 2018

Lombok Tengah

Ada yang baru dan spektakuler pada Festival Pesona Bau Nyale 2018, mulai dari fasilitas hingga rangkaian kegiatannya. Hal ini terungkap pada rapat yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, rabu (7/2) 2018 lalu di D Max Hotel. Pada rapat itu hadir Kadis Pariwisata NTB, Sekda Lombok Tengah dan seluruh pihak yang terlibat pada kegiatan Nyale tersebut.

Kadis Pariwisata NTB menyampaikan berbagai macam hal terkait dengan Festival Pesona Bau Nyale 2018 tersebut. Mulai dari berbagai macam fasilitas yang akan digunakan hingga seluruh rangkaian kegiatannya. Salah satu yang menarik, akan dibangun sebuah jembatan baru dipusat kegiatan Bau Nyale, “Jembatan ini untuk menghunugkan tenda tamu VIP dengan panggung katanya.

Tenda tamu VIP akan ditempat di Bencingah yany sudah dibangun oleh Pemda Lombok Tengah. Dengan demikian para tamu bisa melihat hampir seluruh area Bau Nyale diwarnai lalu lalang masyarakat yang ada disekitarnya, melihat ke panggung spektakuler yang akan didirikan panitia. “ Jembatan itu ketinggiannya sudah diukur sehingga tidak mengganggu orang yang lalu lalang dibawahnya. karena jembatan ini ada diatas jalan akses ke pantai seger,” terangnya.

Sementara itu panggung panggung lanjut Kadis Pariwisata, dibuat sangat luas dengan ukuran sekitar 16×16 meter sehingga seluruh property apa saja yang dipentaskan diatas panggung bisa masuk. Yang baru akan dipasang layar 3 buah layar LED yang akan menampilkan semua peristiwa yang ada diatas panggung. Dengan demikian bagi masyarakat yang ada dikejauhan, bisa dengan jelas menikmati aksi panggung. “Panggung ditempatkan ditanah lapang yang ada disekitar bukit seger yang letaknya berseberangan dengan tenda tamu VIP dengan panggung saling berhadapan,”jelasnya.

Kemudian yang baru dari rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2018, adalah akan digelar Mandalika Word Music Festival yang akan menghadirkan pentas music Jazz. Karena saat ini music Jazz sangat digandrungi oleh segala penjuru dan menjadi trend saat ini. Maka pada Festival Bau Nyale kali ini akan dipersembahkan satu sentuhan music Jazz  dengan konsep yang berbeda, “Aka nada kolaborasi music Jazz ternama seperti Surya Dipa, Chandra Irawan, Ary Juliant, Septian Hady dan musisi local,”ungkapnya.

Musisi-musisi jazz ini akan mencoba meng-eksplor kesenian tradisional Lombok yang dikolaborasikan dengan sentuhan nada jazz yang akan menarik wisatawan yang akan menikmati word music di Mandalika Jazz Nite.