th (1)

PANTAI UNTING UNTING, TERASA BERADA DI NUSA DUA BALI

Puas menikmati keindahan alam Pantai Sari Goang, belum lengkap rasanya jika kita tidak mencoba adrenalin kita ke Pantai yang ada di selatan Desa Makar Sari Kecamatan Praya Barat. Nama Unting Unting memang belum terlalu popular diteliga para wisatawan baik dimestik maupun wisatawan mancanegara. Namun jika kita sekali saja ke tempat itu maka kita akan ketagihan bahkan nyaris tidak mau pulang.

Letaknya yang terbatas Munah dan Pantai Gili Gangsing, Pantai Unting Unting memiliki keunikan tersendiri dibandingkan ketiga pantai tetangganya itu. Keunikan yang dimaksud ditempat  itu adalah pantai Untung memiliki sport yang lengkap dan unik. Biasanya setiap menyajikan satu keunikan tersediri misalnya mengandalkan deburan ombak atau dinding batu kapur, namun di Unting Unting anda akan dimanjakan dengan berbagai sport seperti  memancing, waterblow, ataupun hempasan ombak yang membelah diding batu karang sehingga tak ubahnya seperti tengah berada di Pantai Nambung Lombok Tengah.

Jika ingin berkunjung ketempat itu, baiknya anda menyiapkan bekal yang cukup seperti minuman dan makanan ringan. Disamping itupula sepatu atau sandal traking sebab lokasinya cukup jauh dan medannya yang menantang. Dari Praya sekitar 35 kilo jaraknya dengan perjalanan sekitar  1 jam baru sampai ke lokasi jika menggunakan sepeda motor.

Rutenya, dari Praya kemudian bergerak kearah Selong Belanak. Sampai di pertigaan Selong Belanak, kita kearah kiri yang menuju Desa Banyu Urip. Lalu dari Banyu Urip kita akan menentukan jalan tanah namun hanya kurang satu kilo perjalanan menggunakan motor atau mobil terhenti karena berjalan kaki menyusuri bukit. Dari jauh terlihat dua buah batu berukuran besar, jika dilihat dari dua buah batu besar itu seperti kubah Masjid. Namun sampai di atas bukit batu tersebut justru terlihat seperti candi.

Sampai ditempat itu kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang cantik dan mempesona dengan hamparan pasir putih, tebing bukit bak lukisan, hempasan air ke udara bak Waterblow di Nusa Dua Bali dan yang paling mencengangkan adalah kempasan ombak melewati tebing batu karang tak ubahnya berada di Nambung. Yang penting jika kesana, malas untuk beranjak dari tempat itu. Seakan ingin menghabiskan hari -hari kita dipantai tersebut.