S (50)

ATASI KEKERINGAN, 75 EMBUNG DIBANGUN

Pemerintah Kabupaten (Pembak) Lombok Tengah (Loteng) tahun ini membangun sebanyak 75 embung untuk ketersediaan petani bercocok tanam.

Sekretaris Daerah (Sekda) Loteng, HM Nursiah mengatakan, pembangunan embung dihajatkan untuk bisa menyediakan kecukupan ketersediaan air terhadap petani. Sehingga tahun 2017 ini, pihaknya telah anggarkan sebanyak 75 pembangunan embung yang tersebar di 12 kecamatan. “Tidak hanya itu sejumlah saluran irigasi primer, skunder dan tersier pun di bangun tahun ini, terangnya.

Kemudian, konsep dalam pembangunan embung saat ini bagaimana membangun embung yang tahan lama menampung air. Sehingga tentu kontruksi pembangunan embung yang dibangun tahun ini harus permanen. Jadi yang dibangun adalah embung yang mampu menampung air cukup lama. “Jangan hanya dikruk-kruk saja. Kemudian, jarak beebrapa hari airnya sudah tidak ada,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Loteng, Lalu Iskandar menjelaskan, tahun ini bukan hanya embung saja dibangun oleh Dinas Pertanian, melainkan jaringan irigasi tersier juga dibangun. “Jumlahnya sebanyak 14 unit jaringan tersier dibangun,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya berencana tahun 2018 akan membangun sejumlah jaringan irigasi tersier. “Insya Allah tahun depan kita akan bangun dibeberapa titik. Saat ini saya sudah minta ke Kabid untuk segera melakukan survey titik-titik di bangun embung dan jaringan irigasi,” tungkasnya.